Tubuh Pendek Bikin Susah Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 2 Februari 2021 15:27
Tubuh Pendek Bikin Susah Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?
Emang bener, yak?

Banyak wanita menginginkan tubuh yang ideal. Nyatanya, banyak di antara mereka yang merasa berat badannya berlebihan. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai upaya agar berat badan bisa menurun hingga mencapai angka yang ideal.

Namun ternyata, cepat atau lambat suksesnya seorang wanita menurunkan berat badan itu banyak faktornya. Melansir dari Merdeka.com, salah satu faktor itu adalah tinggi badan.

 

1 dari 3 halaman

ilustrasi wanita diet © Diadona

Ternyata, orang-orang dengan tubuh pendek perlu usaha lebih untuk menurunkan berat badan. Hal ini diungkapkan oleh Craig Primack MD, ketua dari Asosiasi Pengobatan Obesitas, bahwa alasan orang pendek lebih sulit menurunkan berat badan adalah karena mereka cenderung punya metabolisme yang lebih lambat.

" Wanita rata-rata memiliki angka metabolisme basal (AMB) atau basal metabolic rate (BMR) sekitar 1.400 kalori per hari. Hal ini berarti jika seharian dia hanya tidur-tiduran saja maka ada 1.400 kalori yang terbakar," jelas Primack.

2 dari 3 halaman

" Namun pada wanita yang lebih pendek dari 5 kaki (152 cm) saya menjumpai bahwa AMB hanya 1.200 kalori, sedangkan yang memiliki tinggi 5,10 kaki (180 cm) ke atas memiliki AMB di atas 1.750 kalori per hari," sambungnya.

Orang yang pendek berarti mempunyai massa bebas lemak (otot, tulang, organ) yang rendah pula. Padahal, hal tersebut juga merupakan faktor utama untuk mengurangi berat badan. Kalori yang terbakar tak sebesar orang yang mempunyai badan tinggi.

Beri Komentar