Tulang Hidung Bengkok, Kira-kira Butuh Pengobatan atau Tidak ya?

Health | Kamis, 25 November 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Simak dulu yuk!

Tulang hidung bengkok dalam medis disebut dengan deviasi septum nasal. Hal ini adalah kondisi yang cukup umum terjadi. Tak hanya mengganggu penampilan, kondisi ini bisa mempersulit seseorang untuk bernapas.

Agar lebih paham, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Tulang Hidung Bengkok, Kira-kira Butuh Pengobatan atau Tidak ya?
2 dari 5 halaman

Mengenal Tulang Hidung Bengkok

Ilustrasi Tulang Hidung BengkokIlustrasi Tulang Hidung Bengkok © Shutterstock

Melansir Mayo Clinic, tulang hidung bengkok adalah kondisi saat septum nasal (dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua), bergeser dari garis tengah.

Septum hidung adalah dinding yang terbuat dari tulang rawan dan jaringan ikat yang memisahkan dua saluran hidung. Saluran hidung berjajar pada kedua sisi dengan selaput lendir.

Saat septum hidung miring ke satu sisi, maka salah satu satu lubang hidung menjadi lebih besar dari yang lain. Oleh karena itu, pernapasan seseorang bisa terganggu pada salah satu lubang hidung yang lebih sempit.

3 dari 5 halaman

Risiko Tulang Hidung Bengkok

Beberapa masalah kesehatan bisa dialami seseorang yang punya tulang hidung bengkok. Diantaranya hidung bisa tersumbat, aliran udara berkurang, dan berisiko mengalami masalah pernapasan, seperti sesak napas.

Hal ini tergantung seberapa parah sempitnya salah satu lubang hidung.

Septum yang tidak sejajar juga bisa mengganggu aliran air di hidung sehingga meningkatkan risiko infeksi.

4 dari 5 halaman

Pengobatan Tulang Hidung Bengkok

Ilustrasi Tulang Hidung BengkokIlustrasi Tulang Hidung Bengkok © Shutterstock

Kalau tulang hidung bengkok masih ringan dan tidak mengganggu, maka tak perlu perawatan khusus. Tapi, saat dirasa sudah mengganggu, kamu bisa melakukan dengan hal-hal berikut:

  • Minum Obat Dekongestan
    Obat ini berfungsi untuk mengurangi pembengkakan pada jaringan hidung. Dekongestan juga menjaga saluran udara pada kedua sisi hidung tetap terbuka.
  • Minum Obat Antihistamin
    Hidung yang bengkok bisa mengganggu pernapasan. Kalau ini terjadi, kamu bisa mencoba antihistamin yang bisa mencegah gejala alergi, seperti hidung tersumbat.
  • Semprotan Steroid Hidung
    Semprotan ini berfungsi untuk membantu saluran napas yang terganggu. Biasanya, kamu perlu memakai semprotan ini 1-3 minggu.

  • Operasi Septoplasty
    Kalau gejala tulang hidung bengkok tidak membaik dengan pengobatan rumahan, dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan bedah rekonstruksi atau septoplasty.
Join Diadona.id