Udah Berumur, Lansia Masih Harus Minum Susu Gak sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 27 Oktober 2020 18:27
Udah Berumur, Lansia Masih Harus Minum Susu Gak sih?
Biasanya kan yang disuruh minum susu itu yang masih muda-muda~

Susu memang dipercaya memiliki khasiat yang begitu baik untuk tubuh, tentu jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan. Selain itu, susu biasanya dikonsumsi untuk anak-anak dan remaja, karena dipercaya begitu penting untuk pertumbuhan.

Lalu bagaimana dengan lansia? Apakah masih harus butuh minum susu?

 

1 dari 3 halaman

Ternyata melansir dari Hellosehat, susu juga punya manfaat penting untuk lansia. Pertama, susu bisa memperlambat pengeroposan ulang. Kenapa? Karena kandungan vitamin D yang begitu baik dalam susu. Dengan ini, baik juga untuk mencegah osteoarthritis.

Kedua, susu untuk lansia baik banget buat jantung. Kalian pada susu adalah zat gizi yang berperan penting terhadap tekanan darah. Sedangkan banyak penelitian asupan kalian bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Ketiga, susu bisa menjaga massa otot untuk lansia. Sedangkan, lansia rentan banget nih kehilangan massa otot. Dengan kandungan protein yang baik pada susu, masalah ini bisa diatasi dengan baik.

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Lansia Minum Susu © Diadona

Untuk seberapa banyak seharusnya minum susu, sebenarnya tak ada ketentuannya. Tapi, kalau bisa jangan berlebihan saja. Kita tahu bahwa yang berlebihan itu biasanya nggak baik.

Asal kebutuhan kalsium terpenuhi, sebenarnya itu juga sudah cukup. Sedangkan menurut Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan kalsium lansia sebanyak 1000 mg kalsium per hari.

 

Beri Komentar