Udah Rajin Olahraga tapi Berat Badan Malah Nambah, Kenapa Ya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 3 November 2020 08:25
Udah Rajin Olahraga tapi Berat Badan Malah Nambah, Kenapa Ya
Nggak cuma olahraga aja, tapi kamu juga perlu memperhatikan hal ini ya.

Olahraga merupakan salah satu cara yang penting dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun terdapat beberapa kondisi dimana berat badan tubuh tak menurun meski telah rajin melakukan olahraga.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan hal ini misalnya seperti kurang istirahat. Menurut Rendy Dijaya Muliadi dari Health and Nutrition Science Nutrifood Research Center, mengatakan kurang tidur atau beristirahat bisa meningkatkan risiko penimbunan lemak yang berujung risiko obesitas bertambah.

1 dari 2 halaman

Kurang Tidur

Ilustrasi Wanita Susah Tidur © Diadona

" Kurang tidur bisa menyebabkan risiko penimbunan lemak, berat badan meningkat, risiko obesitas bertambah. Lemak tidak hilang-hilang bisa jadi karena kurang istirahat," terangnya beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Meski telah olahraga, namun hal ini tak selalu dapat membuat berat badan tubuh berkurang. Hal ini karena otot tak dapat berkembang.

" Sudah olahraga, makan bener, otot enggak berkembang, mungkin karena kurang tidur," ujar Rendy.

2 dari 2 halaman

Gejala Depresi

Ilustrasi Berat Badan © Diadona

Masalah lainnya juga dapat menjadi menyebabkan hal ini, yaitu adanya gejala depresi. Hal ini disebabkan karena kurang tidur atau hal lainnya.

Karena itu lah Rendy menyarankan agar setiap orang 7-9 jam per malam untuk mengoptimalkan detosifikasi tubuh, serta pertumbuhan dan penyembuhan jaringan yang rusak.


" Beri jeda waktu tidur dan olahraga minimal sejam untuk mendapatkan kualitas tidur lebih baik. Kalau habis olahraga lalu tiba-tiba tidur, pasti (tubuh) kaget, kualitas tidur bisa terganggu," tandasnya.

Jadi itu dia alasan yang dapat membuat berat badan tetap bertambah meski udah rajin olahraga. Pastikan kamu memiliki pola tidur yang dibutuhkan tubuh ya.

 

Beri Komentar