Umum Terjadi, Kenapa Tubuh Semakin Kurus Ketika Sudah Lansia?

Health | Selasa, 10 November 2020 18:27
Umum Terjadi, Kenapa Tubuh Semakin Kurus Ketika Sudah Lansia?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Ada yang kepikiran begini?

Coba deh perhatikan orang-orang di sekililingmu. Ada berapa lansia di sekitarmu? Oh ya, nggak usah jauh-jauh deh. Coba diingat-ingat lagi nenek dan kakekmu. Kenapa ya rata-rata lansia itu tubuhnya semakin kurus? Padahal sebelum memasuki masa lansia, tubuhnya tuh ya nggak kurus gitu.

 

2 dari 4 halaman

 Ilustrasi Wanita Tua SakitIlustrasi Wanita Tua Sakit © 2019 https://www.diadona.id/elemental.medium.com

Melansir dari Hellosehat.com, ternyata penyebab tubuh lansia semakin kurus dikarenakan hilangnya sejumlah jaringan tanpa lemak di dalam tubuh. Sementara tubuh itu terdiri dari lemak, tulang, air dan juga jaringan tanpa lemak berupa otot dan organ.

Saat masih muda, jaringan tanpa lemak tentu masih berfungsi dengan baik. Namun ketika umur usah memasuki usia 30 tahun ke atas, jaringan tersebut akan menyusut sedikit demi sedikit.

 

3 dari 4 halaman

Penyusutan oto disebut dengan atrofi otot. Sementara mineral dan kepadatan tulang yang hilang disebut osteopenia. Penyusutan jaringan ini memang prosesnya sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya mencapai usia lansia, baru deh kelihatan.

Selain itu, masalah kesehatan lainnnya yang terjadi pada lansia juga bisa menjadi penyebab kenapa tubuhnya bisa kurus. Sebut saja naiknya asam lambung, bahkan kanker.

 

Join Diadona.id