Untuk Kamu Generasi Milenial, Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Mata

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 3 Januari 2020 14:54
Untuk Kamu Generasi Milenial, Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Mata
Meskipun generasi milenial masih memiliki daya tahan tubuh yang kuat, namun seiring dengan berkembangnya teknologi. Ternyata hal ini dapat mempengaruhi daya tahan matamu juga.

Seiring bertambahnya umur selaras dengan daya tahan tubuh yang dapat semakin berkurangnya energi dalam tubuh. Masalah mengenai pengelihatan paling sering terjadi pada orang tua, jadi jika kamu milenial yang berusia 25 hingga 35 tahun, masalah mata bisa jadi masih terasa jauh. Tetapi juga mungkin lebih dekat dari yang kamu pikirkan. Menurut cdc.gov (22/5) untuk dapat menjaga matamu agar tetap sehat seiring bertambahnya umur, maka kamu perlu melakukan kebiasaan ini.

Istirahatkan mata

Ilustrasi Bangun Tidur


Telepon, televisi, komputer dan semua layar ada di sekitar kita sepanjang hari. Kamu perlu mulai mempraktikkan aturan 20-20-20.
Setiap 20 menit, istirahat 20 detik dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki di depanmu.

Lindungi mata

Ilustrasi Perempuan Bekerja

ketika kamu sedang di tempat kerja dan perlu melihat layar komputer dengan waktu yang lama atau saat bermain dan terkena sinar matahari. Kamu perlu mengenakan kacamata pelindung yang menghalangi 99-100% radiasi ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Juga lindungi mata dari cedera saat melakukan pekerjaan di sekitar rumah, misalnya seperti ketika memperbaiki rumah. Kamu dapat memastikan kamu memiliki kacamata pelindung yang tepat dan benar, dengan mengkonsultasikannya pada dokter mata.

Makan Makanan Bergizi

Ilustrasi Makanan Sehat


Untuk melindungi penglihatan mata, maka kamu perlu makan banyak sayuran hijau gelap seperti bayam, kubis, atau sawi hijau dan ikan yang tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, dan sarden.

Melakukan aktifitas fisik

Ilustrasi Berolahraga


Lakukan banyak aktivitas fisik untuk meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan membantu agar kamu tetap memiliki berat badan yang sehat.
Hal ini dapat mencegah perkembangan kondisi kronis seperti diabetes tipe 2, yang berpeluang menyebabkan penyakit mata diabetes dan pada tingkat parahnya, kehilangan penglihatan.

Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga

ilustrasi keluarga+


Penting untuk mengetahui apakah orang tua, kakek-nenek, atau orang lain di keluarga telah didiagnosis menderita penyakit atau kondisi mata, karena beberapa di antaranya didapatkan karena keturunan. Jika kamu sudah mengetahui penyakit apa saja yang ada dikeluarga, maka kamu dapat lebih awas dalam menghadapi kemungkinan penyakit mata yang kamu miliki.

Periksakan keluhan mata dan riwayat penyakit mata yang ada dikeluargamu dan konsultasikan pada dokter mengenai penanganan seperti apa yang kamu perlu.

Beri Komentar