Vaksin Umumnya Disuntikkan di Lengan Kiri, Ternyata Ada Alasannya Lho!

Health | Selasa, 10 Agustus 2021 19:48

Reporter : Mila Ismiranda

Udah tahu belum alasannya?

Upaya vaksinasi untuk memutus rantai penularan COVID-19 telah dimulai di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Vaksin COVID-19 saat ini sedang diberikan kepada pekerja garis depan seperti dokter, perawat, dilanjutkan dengan lansia, petugas pelayanan publik, kemudian masyarakat umum.

Sama seperti kebanyakan vaksin, vaksin Covid-19 disuntikkan di lengan atas. Nah, umumnya vaksin disuntikkan di lengan sebelah kiri. Ternyata hal ini tidak sembarangan dan punya alasan lho!

Vaksin Umumnya Disuntikkan di Lengan Kiri, Ternyata Ada Alasannya Lho!
2 dari 5 halaman

Lokasi Penyuntikan Vaksin

Vaksinasi sendiri adalah proses penyuntikan mikroorganisme yang sudah dilemahkan atau dimatikan ke dalam tubuh manusia dengan tujuan agar tubuh mengenali mikroorganisme tersebut dan membentuk kekebalan tubuh untuk melawannya jika suatu saat menginfeksi.

Menurut dr Dewangga Gegap Gempita, Ketua Perhimpunan Dokter Umum Indonesia Depok, dalam proses penyuntikan hal yang paling penting adalah harus sesuai dengan lokasi suntikan yang dituju. Ada macam-macam lokasi penyuntikan, mulai dari subcutan, intracutan, intravena, dan intramuskular.

3 dari 5 halaman

Efek Samping Setelah Vaksin

Vaksin cenderung memiliki efek samping tertentu yang sedikit menganggu. Efek samping paling umum dialami adalah nyeri otot dan nyeri di tempat suntikan. Beberapa orang mengalami rasa sakit sehingga mereka tidak dapat menggerakkan tangan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

4 dari 5 halaman

Lengan Kanan atau Kiri

Sebenarnya, kamu dapat memilih sendiri lengan tempat suntikan. Tidak ada pilihan benar atau salah dalam memilih lengan.

Tapi karena rasa sakit tetap ada selama satu atau dua hari setelah vaksinasi, yang terbaik adalah memilih lengan yang tidak dominan, yaitu lengan kiri bagi kebanyakan orang.

Sebaliknya, kalau kamu kidal atau dominan tangan kiri, kamu bisa memilih vaksin di lengan kanan.

Join Diadona.id