Viral di TikTok, Ini Cara Mudah Deteksi Dehidrasi dengan Hanya Cubit Jari

Health | Senin, 12 Juli 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Wah, bisa dicoba nih!

Dehidrasi bisa berbahaya bagi tubuh. Kekurangan cairan bisa berakibat pusing hingga berkurangnya fungsi organ jika sudah dalam kondisi parah. Mencukupi kebutuhan cairan setiap hari sangatlah penting. Namun masalahnya tidak semua orang menyadari kalau dia dehidrasi sebelum mengalami gejala yang parah.

Viral di TikTok, Ini Cara Mudah Deteksi Dehidrasi dengan Hanya Cubit Jari
2 dari 6 halaman

Nah, dokter satu ini punya cara mudah untuk mendeteksi apakah seseorang sudah mengalami dehidrasi. Lewat akun TikTok, dokter bernama Dr Karan Raj ini memperkenalkan teknik yang disebut Turgor Test, yang diklaim bisa mendeteksi kondisi dehidrasi hanya dalam hitungan detik. Bagaimana caranya?

3 dari 6 halaman

Deteksi Dehidrasi dengan Cubit JariDeteksi Dehidrasi dengan Cubit Jari © tiktok.com/@dr.karanr

Simpel saja, dalam videonya, Dr. Karan menjelaskan yang hanya perlu dilakukan hanya mencubit kulit di area jari lalu tunggu beberapa lama. Perhatikan jarimu, jika kulit langsung kembali ke kondisi semula setelah dicubit maka irtu artinya tubuh kamuterhidrasi dengan baik karena elastisitasnya tinggi.

4 dari 6 halaman

Deteksi Dehidrasi dengan Cubit JariDeteksi Dehidrasi dengan Cubit Jari © tiktok.com/@dr.karanr

Sebaliknya jika kulit butuh waktu lama untuk kembali ke kondisi semula setalah dicubit, maka itu merupakan tanda-tanda awal dehidrasi. Menurut penjelasan Dr. Karan, hal ini karena kulit terdeteksi kehilangan elastisitasnya.

Unggahan Dr Karan ini pun jadi viral dan sudah dilihat lebih dari 6 juta kali sejak tayang pada 29 Juni 2021.

5 dari 6 halaman

Dr. Karan sendiri cukup terkenal di TikTok. Akunnya yang bernama @dr.karanr memiliki 4 juta lebih follower dan kerap menampilkan konten edukasi tentang kesehatan secara singkat.

@dr.karanr

Dehydration check @remus.bujor #schoolwithdrkaran #SimlishSessions #WorkThisWay #learnontiktok

? Steven Universe - L.Dre

 

"Teknik ini dikenal dengan istilah turgor test. Semakin tubuh terhidrasi dengan baik maka kulit akan makin elastis dan lebih cepat kembali normal setelah dicubit. Tapi ketika dehidrasi kulit hilang elastisitasnya dan butuh waktu lebih lama kembali ke bentuk semula," jelasnya.

6 dari 6 halaman

Selain dengan teknik Turgor Test, berikut tanda-tanda dehidrasi lainnya yang perlu diwaspadai. Segera minum air putih atau cairan elektrolit apabila kamu mendapati sedikitnya dua dari tujuh tanda ini:

  1. Mulut terasa kering
  2. Sakit Kepala
  3. Urine berwarna gelap
  4. Kelaparan
  5. Lesu dan mengantuk
  6. Detak Jantung tak beraturan

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk minum air putih agar tubuh selalu terhidrasi dengan baik. Ingat ya Diazens, minimal kita harus mengonsumsi air putih 2 liter setiap harinya agar tubuh aman dari dehidrasi. 

Join Diadona.id