Waspada, Ini Bahaya Minum Obat dengan Susu!

Reporter : Mila I
Selasa, 21 September 2021 07:57
Waspada, Ini Bahaya Minum Obat dengan Susu!
Efek sampingnya harus kamu pahami nih.

Minum obat paling aman adalah dengan air putih. Tapi, ada beberapa orang yang menelan obat dengan minuman lainnya, salah satunya adalah susu.

Ada pernyataan yang menyebut bahwa minum obat dengan susu tidak disarankan. Kira-kira apa ya efek sampingnya? Langsung simak artikel berikut yuk!

1 dari 5 halaman

Menelan Obat dengan Susu Menyebabkan Efek Samping

Ternyata ada alasan ilmiah kenapa minum susu saat atau langsung setelah minum obat tidak dianjurkan, karena bisa membuat efek obat menjadi tidak optimal.

Selain itu ada peningkatan risiko efek samping dari obat yang diminum, hal ini bisa ringan maupun berat.

Susu bisa menyulitkan tubuh dalam menyerap obat. Akibatnya, metabolisme tubuh tidak berjalan dengan baik dan membuat obat yang diminum menjadi tidak efektif.

2 dari 5 halaman

Memengaruhi Efektifitas Obat

Melansir WebMD, produk susu mempersulit tubuh untuk memproses obat tertentu. Kandungan mineral dalam susu (kalsium, magnesium, dan protein kasein) adalah penyebabnya.

Melansir Pharmacy Times, obat seperti antibiotik bisa mengikat kalsium dalam susu, membentuk zat yang tidak larut di lambung dan usus kecil bagian atas, yang nantinya membuat obat tidak bisa diserap tubuh.

Makanan atau minuman lainnya yang mengandung kalsium juga bisa menyebabkan efektivitas obat menurut. Misalnya beberapa jus, air mineral tinggi kalsium, dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Jenis Obat yang Tidak Boleh Diminum dengan Susu

Studi berjudul " Drug Interaction With Milk and The Relevance of Acidifying/Alkalizing Nature of Food" dalam jurnal Clinical Therapeutics 2015, menyebut bahwa susu mengganggu penyerapan beberapa antibiotik seperti tetracycline (penurunan penyerapan) dan beberapa quinolones, propranolol, mercaptopurine (mengurangi bioavailabilitas obat).

Susu juga bisa mengganggu obat antiinflamasi nonsteroid, digitalis, amiloride, omeprazole, spironolactone, dan ranitidine.

Efek utama dari interaksi ini adalah penurunan bioavailabilitas obat, peningkatan atau penurunan ekskresi obat, dan mengurangi penyerapan nutrisi.

4 dari 5 halaman

Ada Juga Obat yang Aman Dikonsumsi dengan Susu

Pada jenis obat tertentu, minum susu bisa membantu penyerapan obat ke dalam darah. Beberapa jenis obat yang bisa diminum bersama susu adalah obat kortikosteroid. Ini adalah obat yang bisa meningkatkan pembuangan kalsium dan kalium dalam tubuh.

Minum susu setelah minum obat akan membantu tubuh menghindari kekurangan kalsium dan kalium. Salah satu contoh obatnya adalah prednisolone dan dexamethasone.

Beberapa obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan aspirin juga dikatakan aman diminum dengan susu. Obat-obat tersebut dikatakan memicu iritasi pada usus bagi beberapa orang, dan minum susu bagi mereka bisa mengurangi efek samping tersebut.

5 dari 5 halaman

Konsultasi ke Dokter

Untuk lebih jelas mengenai boleh atau tidaknya obat yang dikonsumsi bersamaan dengan susu, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar