Waspada, Jangan Langsung Duduk saat Bangun Tidur!

Health | Kamis, 12 Agustus 2021 18:57

Reporter : Mila Ismiranda

Langsung bangkit setelah bangun tidur ternyata bisa membawa dampak yang bahaya.

Apa yang kamu lakukan sesaat setelah membuka mata kala bangun tidur? Meski jarang disadari, langsung berdiri atau duduk secara tiba-tiba dari tidur itu tidak baik untuk kesehatanmu dan harus kamu hindari.

Kenapa? Simak penjelasan berikut yuk!

Waspada, Jangan Langsung Duduk saat Bangun Tidur!
2 dari 5 halaman

Tubuh Perlu Persiapan untuk Bangun Seutuhnya

Kalau kamu berdiri atau bangkit terlalu cepat dari posisi tidur, kamu kurang memberi waktu tubuhmu untuk bereaksi, sehingga menyebabkan pusing bahkan sampai pingsan.

Hal ini karena darah secara normal tidak akan bisa sampai ke otak kalau tidak ada sistem pengaturan tekanan darah dinamis pada tubuh. Pembuluh darah terbentuk dari otot-otot kecil dan ketika kamu berdiri, semua pembuluh di kaki akan berusaha lebih keras untuk mendorong darah ke arah kepala.

3 dari 5 halaman

Tekanan Darah Rendah

Tidur membuat aliran darah di tubuhmu rileks. Berdiri tiba-tiba akan mengagetkan pengaturan aliran darah tersebut. Ini akan semakin bermasalah ketika kamu sudah memiliki tekanan darah rendah.

4 dari 5 halaman

Jika Dibiarkan Bisa Menyebabkan Vertigo Posisional

Vertigo posisional adalah masalah bagian dalam telinga yang berhubungan dengan keseimbangan tubuh.

Hal ini bisa disebabkan karena perubahan posisi kepala tiba-tiba, sementara tubuhmu belum siap. Kekurangan oksigen pada otak karena berdiri tiba-tiba juga bisa menyebabkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular nantinya.

5 dari 5 halaman

Cara Bangun Tidur yang Benar

Berapa lama pun kamu tidur, ketika terbangun membuka mata, kamu harus berdiam dulu setidaknya 5 menit. Kemudian perlahan duduk di tempat tidurmu setidaknya 10 menit, baru lah kamu bisa berdiri dan mulai beraktivitas.

Minum air hangat setelah bangun tidur juga penting untuk memperlancar peredaran darah di tubuhmu.

Gimana, sudah paham kan sekarang? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Join Diadona.id