10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Ini Miliki Warna Cantik dan Mudah Dipelihara loh!

Home-decor | Senin, 14 Juni 2021 10:43

Reporter : Wicha Mashita

Ada beberapa rekomendasi jenis ikan hias air tawar yang bisa kamu pelihara.

Ingin memiliki hewan peliharaan di rumah yang mudah cara merawatnya? Beberapa jenis ikan hias air tawar ini bisa menjadi jawabannya. Soalnya, mereka bakalan nemenin kamu tapi juga nggak ngerepotin karena gampang dipelihara.

Bahkan, menurut beberapa penelitian memelihara ikan hias bisa membantumu meredakan stres loh! Selain itu, mood kamu juga bisa naik lagi menjadi positif. Itu sebabnya, kamu direkomendasikan memelihara jenis ikan hias air tawar yang cara memeliharanya mudah. Jadi nggak bikin makin pusing deh.

Yuk, kita intip ada jenis ikan hias air tawar apa saja sih yang bisa dipilih buat jadi teman di rumah!

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Ini Miliki Warna Cantik dan Mudah Dipelihara loh!
2 dari 6 halaman

Ikan Cupang

Jenis Ikan Cupang FancyJenis Ikan Cupang Fancy © Pinterest

Kalau ngomongin jenis ikan hias air tawar sih, cupang nggak boleh ketinggalan ya! Ikan petarung ini memiliki aneka jenis dengan beragam warna cantik yang ditawarkan.

Bentuk, warna dan karakter ikan cupang yang unik membuatnya menjadi incaran banyak orang. Terus cara perawatannya juga cukup mudah. Makanya, ikan cupang juga memiliki nilai jual yang cukup fantastis.

Ikan Louhan

Kalau kamu suka jenis ikan hias air tawar yang badannya besar, Louhan wajib jadi pilihanmu. Keunikan ikan ini adalah jidatnya yang jenong. Ditambah warna uniknya yang memiliki corak.

Ikan ini juga dianggap membawa kemakmuran dan kesejahteraan buat pemilik rumah loh! Nah, biar ikannya senang kamu pelihara, kamu cukup memberinya akuarium yang ukurannya tepat. Tambahkan filter atau penyaring dan penerangan yang cukup ya!

3 dari 6 halaman

Ikan Discuss

Ikan DiscussIkan Discuss © sunnyaqm

Sesuai dengan namanya, ikan discuss adalah jenis ikan hias air tawar yang hidupnya suka berkelompok. Mereka memiliki sifat yang atraktif dengan berbagai warna cerah yang memesona. Ikan lucu ini siap menghidupkan suasana rumahmu.

Tapi, kamu perlu perhatian suhu akuarium sekitar 28-31 derajat celcius agar agak hangat dan oksigennya stabil. Nah, karena ikan discuss berasal dari spesies Amazon, tambahkan tanaman di akuarium agar suasananya makin ideal.

Ikan Botia Badut

Sesuai dengan namanya, ikan Botia Badut memang memiliki warna lucu dengan ukuran yang kecil. Ikan ini suka berkelompok, jadi akuarium kamu langsung ramai deh. Kamu juga nggak perlu akuarium terlalu besar buat mereka.

Ikan botia badut punya sisik yang tipis. Makanya, sebaiknya kamu nggak memelihara ikan lainnya yang agresif. Oh iya, ikan botia badut ini juga cukup rakus loh meski badannya kecil, jadi jangan sampai telat kasih makan ya, Diazens!

4 dari 6 halaman

Ikan Guppy

Ikan GuppyIkan Guppy © Pinterest

Jenis ikan hias air tawar selanjutnya ada ikan guppy yang cara perawatannya mudah dan berkembang biak dengan cepat. Apalagi ikan ini menawarkan beragam warna, apalagi buat yang jantan lebih cerah warnanya.

Terus, ikan guppy juga gampang beradaptasi dengan kondisi air dan sifatnya pun lincah. Dijamin deh, bakal menghiburmu di rumah. Tapi, pastikan suhu air konsisten sekitar 10-29 derajat celcius.

Goldfish

Tahu nggak sih, jenis ikan hias air tawar yang populer itu Goldfish loh! Mereka memiliki warna yang cantik dan bisa tumbuh di alam liar. Umurnya panjang banget Diazens, bias sampai 25 tahun bahkan lebih lama lagi.

Itu kenapa Goldfish bisa jadi rekomendasi buat kamu. Perawatannya juga mudah, cukup mengganti filter air secara konsisten tiap minggu biar mereka senang.

5 dari 6 halaman

Ikan Molly

Ikan MollyIkan Molly © small-pets.lovetoknow

Bentuk ikan molly nggak kalah lucu dari namanya. Ikan ini memiliki tubuh sepanjang 3 sampai 4 inci. Mereka juga mudah dirawat dan makanannya pun bisa dari tumbuhan maupun hewan lain. Keunikan lain dari ikan ini adalah mereka melahirkan loh!

Nah, karena molly berkembang biak dengan cepat, jadi akuarium kamu bakalan ramai nih! Pastikan juga jangan menggabungkan dengan jenis kelamin berbeda kalau nggak mau punya terlalu banyak ikan molly.

Angelfish

Nah, kalau angelfish adalah jenis ikan hias air tawar yang panjangnya bisa mencapai 6 inci dengan tinggi 8 inci. Dengan ukuran yang cukup besar ini, warna yang disuguhkan Angelfish ada banyak dengan berbagai pola menarik. Iya cantik, kayak namanya.

Angelfish sejenis omnivora yang bisa makan tumbuhan dan hewan lain, misalnya serangga kecil atau udang. Jadi, kalau mau pelihara angelfish jauhkan dari ikan kecil lainnya ya! Mereka cukup agresif nih soalnya.

6 dari 6 halaman

Ikan Koi

Ikan KoiIkan Koi © Unsplash/ shimikumi32

Nggak boleh dilupakan nih, ikan koi menjadi pilihan banyak orang untuk jenis ikan hias air tawar. Ikan koi juga seringkali dinilai mahal dan butuh pemeliharaan ekstra. Padahal, kalau kamu punya lahan untuk membuat kolam khusus ikan koi sudah ideal loh!

Kamu nggak perlu repot merawatnya ditambah ikan koi cukup awet. Pokoknya batasi saja takaran memberi pakan dengan jumlah ikan di dalam kolam.

Ikan Oranda

Masih sebangsa dengan ikan koi, ada ikan oranda yang bertubuh lebih kecil. Terdapat benjolan di kepalanya yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, mereka memiliki gerakan dan lekuk tubuh yang cantik saat berenang.

Belum lagi karena sirip dan ekornya yang panjang. Seolah ikan oranda terlihat menari di dalam air. Makanya, ikan ini banyak menjadi incaran orang ditambah cara merawatnya yang mudah.

Itu tadi beberapa jenis ikan hias air tawar yang bisa jadi pilihanmu untuk peliharaan di rumah. Nggak hanya menemani, tapi bisa jadi item dekorasi yang cantik nih!

Join Diadona.id