11 Jenis Anggrek Terpopuler di Indonesia yang Memamerkan Warna Cantik, Bikin Terpesona!

Home-decor | Kamis, 24 Juni 2021 14:51

Reporter : Wicha Mashita

Pecinta bunga, harus banget nih mengoleksi rekomendasi jenis-jenis anggrek di bawah ini.

Sudah menjadi rahasia umum kalau bunga anggrek adalah incaran terlaris sebagai tanaman hias. Warna dan jenis anggrek yang beragam dengan keolakan khasnya mampu memikat banyak orang. Ditambah, bunga anggrek termasuk mudah cara perawatannya.

Tapi, hanya ada beberapa nih jenis anggrek yang populer di Indonesia. Mereka menjadi primadona paling asyik untuk dibudidaya sebagai aset dekorasi rumah. Biar kamu nggak salah pilih, simak rekomendasi di bawah ini dulu deh, Diazens.

11 Jenis Anggrek Terpopuler di Indonesia yang Memamerkan Warna Cantik, Bikin Terpesona!
2 dari 7 halaman

Anggrek Bulan

Anggrek BulanAnggrek Bulan © Pinterest

Pasti kamu nggak asing deh sama bunga anggrek yang satu ini. Yap, kepopuleran jenis Anggrek Bulan memang nggak perlu diragukan lagi. Bunganya yang menyajikan warna cantik menjadi alasan ia diincar. Ada yang berwarna pink, ungu sampai putih.

Anggrek dengan nama ilmiah Paraphalaenopsis serpentilingua ini dinamakan Anggrek Bulan karena bentuk dan warnanya yang putih bercorak kuning menyerupai rembulan di malam hari yang bersinar terang. Cara perawatannya mudah kok, asal kamu tempatkan di daerah yang kena sinar matahari dengan cukup.

Anggrek Bulan Bintang

Nggak cukup sampai Anggrek Bulan, ada juga jenis Anggrek Bulan Bintang nih! Penamaan ini dikarenakan kelopak bunganya berjumlah lima yang menyerupai bentuk bintang. Sedangkan bulannya terlihat dari tangan bunganya yang di tengah berbentuk seperti bulan.

Anggrek ini berasal dari daerah Kalimantan loh! Kamu bisa menemukan mereka di sekitar sungai atau menempel pada pohon lainnya. Warnanya juga condong kuning dengan bercak cokelat.

3 dari 7 halaman

Anggrek Hartinah

Anggrek HartinahAnggrek Hartinah © kampoenganggrek

Tahu nggak sih, nama Anggrek Hartinah ini diambil dari seorang ibu negara kita loh! Yap, nama Hartinah ini didapat dari mendiang Ibu Tien Soeharto.

Mulanya, penemu bunga ini adalah Rusdi E. Nasution pada tahun 1976 lalu. Namun, Ibu Tien berjasa dalam mengembangkan anggrek dengan nama ilmiah Chimbidium hatinahianum. Warna bunganya didominasi ungu yang bergradasi dengan krem.

Anggrek Tebu

Bukan, ini bukan tanaman yang bisa diolah jadi gula. Anggrek Tebu ini termasuk tanaman hias yang warnanya nggak kalah cantik. Tapi memang bentuknya sangat besar bahkan bobotnya termasuk yang paling berat dari jenis anggrek lainnya. Itu kenapa dia disebut Anggrek Tebu.

Selain besar dan cukup berat, tinggi Anggrek Tebu bisa mencapai 3 meter lebih loh, Diazens! Selain itu, ciri khas dari tanaman dengan nama latin Grammatophyllum speciosum ini memiliki bunga kecokelatan dengan corak bintik-bintik yang seperti harimau. Itu juga yang menjadi alasan mereka disebut Anggrek Harimau.

4 dari 7 halaman

Anggrek Monyet

Anggrek MonyetAnggrek Monyet © Pinterest

Namanya lucu banget kan, Anggrek Monyet. Soalnya bunga ini memiliki wujud yang menyerupai wajah monyet drakula. Tapi nama latinnya justru Dracula simia atau yang biasa disebut dengan 'naga kecil'.

Jenis Anggrek Monyet ini tumbuh di ketinggian 1.000 sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhunya pun ada di angka 27 derajat celcius dengan kelembaban 80-90%. Jadi, cocok buat kamu yang tinggal di tempat sejuk ya.

Anggrek Kebutan

Eksistensi Anggrek Kebutan nggak kalah hits nih di Indonesia. Bahkan bisa dibilang mudah ditemui. Soalnya jenis anggrek ini biasa dijadikan hiasan pernikahan.

Nama lain Anggrek Kebutan adalah Ascocentrum miniatum yang memiliki ciri khas berwarna orange cerah. Terus bunganya tumbuh bertumpuk gitu, Diazens dengan ukuran kecil. Jadi gemas deh!

5 dari 7 halaman

Anggrek Dendrobium

Anggrek DendrobiumAnggrek Dendrobium © Pinterest

Meski namanya nggak selokal jenis anggrek di atas, tapi bunga ini juga cukup populer loh di Indonesia. Bukan tanpa alasan, tentu saja karena pesona warnanya yang cantik dengan warna putih dan ungu yang berpadu. Warna soft Dendrobium ini cocok banget jadi pemanis tampilan rumahmu.

Anggrek Cattleya

Buat kamu yang suka bunga anggrek dengan ukuran besar, wajib banget nih punya Cattleya. Apalagi dipajang di teras atau halaman rumahmu. Dijamin bakalan bikin estetik deh.

Umumnya, Cattleya memamerkan warna kuning cerah berhias kelopak kecil berwarna pink di tengahnya. Meski sempat langka, eksistensinya kini mudah kamu jumpai di Indonesia kok.

6 dari 7 halaman

Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut KumisAnggrek Kasut Kumis © Pinterest

Nggak hanya namanya, jenis anggrek Kasut Kumis juga memiliki bentuk yang unik. Bunganya berkantung dan memiliki bulu yang lebat. Itu kenapa dinamakan Kasut Kumis. Sedangkan warnanya sendiri adalah perpaduan ungu dan hijau. Hal itu membuat Anggrek Paraphalaenopsi chamberlainianum menjadi menarik bagi pecinta bunga.

Anggrek Zamrud

Ada juga nih Anggrek Zamrud yang dikenal juga dengan nama Dendrobium macrophyllum. Wujudnya unik banget yang mirip seperti buah rambutan. Kalau warna yang ditawarkan adalah dominasi kuning kehijauan dengan corak garis-garis warna cokelat seperti semburat di tengahnya.

7 dari 7 halaman

Anggrek Hitam

Anggrek HitamAnggrek Hitam © papuaparadise

Nggak hanya berwarna cerah, ada juga nih jenis anggrek dengan kesan misterius yang menggoda. Terlihat elagan bukan? Anggrek Hitam ini berasal dari dua daerah, yaitu Kalimantan dan Papua.

Kalau yang dari Kalimantan, warna coraknya berwarna hijau dengan putih warna hitam. Sedangkan yang dari Papua dengan nama panggilan Flame of Irian ini memiliki aroma yang sangat kuat.

Gimana, bingung nggak milih jenis anggrek mana yang cocok dipajang di rumah? Daripada milih, mending kamu sabet semua aja Diazens biar rumahmu makin cantik.

Join Diadona.id