11 Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya yang Penting untuk Diketahui, Simak Ya!

Home-decor | Senin, 14 Juni 2021 17:03

Reporter : Wicha Mashita

Buat kepentingan aktivitas sehari-hari, kenalan yuk sama jenis kabel listrik dan fungsinya!

Kebayang nggak sih, kalau hidup tanpa ada listrik? Tentu saja akan mengganggu aktivitas keseharian kita. Listrik menjadi salah satu komponen penting untuk kebutuhan manusia. Itu kenapa kabel listrik yang menjadi penghantar listrik memiliki fungsi utama yang penting.

Selain itu, kabel juga bisa berfungsi sebagai radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena. Kalau nggak ada kabel, ya kamu nggak bakalan bisa menikmati siaran televisi atau hidup seperti saat ini. Itu kenapa keberadaan kabel listrik penting banget kan?

Nah, buat kepentingan keseharian, kamu perlu loh tahu apa saja jenis kabel listrik beserta fungsinya. Biar nggak salah alamat dan malah menyebabkan bahaya, Diazens. Yuk, scroll down buat cari tahu!

11 Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya yang Penting untuk Diketahui, Simak Ya!
2 dari 6 halaman

Jenis Kabel Listrik Berdasarkan Tegangannya

Jenis Kabel Listrik Berdasarkan TegangannyaJenis Kabel Listrik Berdasarkan Tegangannya © puckettelectric

Pertama, mari kita bahas jenis kabel listrik yang sesuai dengan tegangannya. Kabel yang digunakan untuk menghantarkan aliran listrik ini dibedakan menjadi tiga sesuai tegangannya, yaitu:

-Kabel listrik tegangan rendah
-Kabel listrik tegangan menengah
-Kabel listrik tegangan tinggi.

3 dari 6 halaman

Kabel Listrik NYA

Kabel NYAKabel NYA © indonesian.shanpowercable

Selanjutnya, kita akan membahas jenis kabel listrik yang biasa digunakan dalam instalasi rumah tangga. Kabel NYA memiliki ukuran 1,5 mm dan 2,5 dengan inti tunggal. Kabel ini dilapisi bahan PVC dengan warna merah, biru, kuning dan hitam di intalasi luar.

Biasanya, kabel NYA digunakan untuk kabel udara karena bentuknya sangat tipis, mudah robek dan nggak tahan sama air. Itu kenapa kamu disarakan memasang pipa PVC tambahan agar kabel lebih aman.

Kabel Listrik NYY

Nah, kalau jenis kabel listrik NYY ini lebih aman, karena punya dua, tiga sampai empat inti dengan bahan material dari tembaga yang diisolasi oleh PVC. Kabel NYY ini bisa ditanam di dalam tanah karena isolatornya yang kuat dan tebal.

Kabel NYY ini memiliki warna hitam, yang ternyata artinya tahan terhadap air. Tapi, kamu tetap perlu menambahkan pipa tambahan ya, apalagi buat aliran listrik dengan tegangan tinggi.

4 dari 6 halaman

Kabel Listrik NYM

Kabel NYMKabel NYM © flexibleelectricalcable

Ada juga jenis kabel listrik NYM yang dipakai untuk instalasi listrik di gedung atau rumah hunian. Kabel ini terdiri dari dua, tiga atau empat inti juga yang dilengkapi sama isolasi PVC sebanyak dua lapis.

Tentu saja, kabel NYM lebih aman dari NYA. Bahkan kabel ini juga bisa dipakai di tempat yang basah maupun kering. Eits.. tapi nggak bisa ditanam kayak NYY ya!

Kabel Listrik NYAF

Kalau kamu butuh kabel untuk ruangan yang berbelok tajam, NYAF jawabannya. Soalnya jenis kabel listrik ini memang diperuntukkan rumah yang butuh fleksibilitas tinggi dan memiliki belokan tajam.

Buat bahan materialnya sendiri dari tembaga. kabel ini juga dilengkapi isolasi bahan PVC kok. Namun, nggak dianjurkan untuk dipakai di luar ya! Soalnya kabel ini memang sebaiknya dipakai di lingkungan yang kering dan nggak kena pengaruh cuaca langsung.

5 dari 6 halaman

Kabel Listrik NYCY

Kabel NYCYKabel NYCY © allkabe

Kabel NYCY ini bisa dibilang yang memiliki ketahanan paling oke. Soalnya ia bisa digunakan di dalam ruangan, dalam tanah sampai ruangan terbuka sekalipun loh!
Susunan kabelnya sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Kabel ini terdiri dari penghantar konstris yang dilapisi pita CU kabel. Itu kenapa harga jual kabel NYCY lumayan tinggi, Diazens.

Kabel Listrik NYMHYO

Selanjutnya, ada kabel listrik NYMHYO yang terdiri dari dua inti serabut. Kabel ini biasa dipakai untuk alat elektronik rumah tangga. Namun, arusnya yang rendah, kayak kabel audio video, sound system dan sebagainya.

6 dari 6 halaman

Kabel Listrik NYMHY/ NYYHY

Kabel NYFGb/ NYRGb/ NYBYKabel NYFGb/ NYRGb/ NYBY © Ngertiaja

Ada lagi nih kabel NYMHY/ NYYHY yang memiliki ciri khas tersendiri. Kabel NYMHY berwarna putih, sedangkan NYYHY berwarna hitam.

Kabel ini memiliki beberapa inti serabut yang diisolasi sama PVC. Biasanya sih, kabel ini juga dipakai buat peralatan rumah tangga, Diazens. Namun, yang dayanya hanya 900 watt ke bawah. Kelebihannya, kabel ini memiliki fleksibilitas tinggi dan nggak mudah patah.

Kabel Listrik NYFGb/ NYRGb/ NYBY

Kalau ketiga jenis kabel ini jawabannya buat kamu yang butuh instalasi di dalam tanah. Mereka juga nggak perlu perlindungan tambahan kalau kabelnya menyebrang jalan. Dianjurkan memasang kabelnya di kedaleman 0,8 meter di dalam tanah.

Itulah beberapa jenis kabel listrik dan fungsinya yang beragam. Jadi, kalau ada kerusakan di rumah, jangan sembarangan ganti kabelnya ya! Kenali dulu penyebab dan fungsi dari kabel tersebut. Semoga membantu, Diazens!

Join Diadona.id