3 Cara Mudah Hilangkan Kotoran yang Menempel di Dinding, Jangan Dibuat Ribet ya Moms!

Home-decor | Jumat, 4 Juni 2021 17:00
3 Cara Mudah Hilangkan Kotoran yang Menempel di Dinding, Jangan Dibuat Ribet ya Moms!

Reporter : Yayuk Harini

Gak ada lagi dinding kotor bernoda Moms!

Tak hanya permukaan lantai saja yang rawan kotor, dinding rumah tentu saja bisa kotor. Hal ini terjadi lantaran dari waktu ke waktu dinding terkena cetakan tangan, debu, kotoran, hingga kotoran cicak yang menempel di dinding.

Dinding yang kotor ini perlu dibersihkan secara teratur Moms. Hal ini dilakukan untuk memastikan dinding mempertahankan warnanya.

Melansir dari Express, Jumat (4/6/2021), dinding harus dibersihkan setiap dua hingga tiga bulan sekali.  Terlebih jika di rumah Moms ada seorang yang merokok.

Sebab, asap rokok bisa menempel di dinding dan meninggalkan noda. Untuk membersihkannya, Moms harus hati-hati agar tidak membuat cat dinding mengelupas.

Berikut beberapa cara membersihkan dinding tanpa harus merusak catnya. Beberapa alat yang perlu disiapkan adalah spons atau kain, cairan pembersih yang ringan dan tidak memengaruhi warna cat dinding (bisa menggunakan sabun cuci piring), air hangat, dan ember.

2 dari 5 halaman

1. Tuangkan cairan pembersih ke ember

Ilustrasi Membersihkan Dinding RumahIlustrasi Membersihkan Dinding Rumah © Cleaning.lovetoknow.com

Setelah bahan dan alat terkumpul, mulailah dengan menuangkan dua hingga tiga tetes cairan pembersih ke dalam ember. Isi ember sebanyak tiga perempat bagian dengan air yang hangat. Moms harus berhati-hati untuk tidak menambahkan air panas karena dapat mengganggu proses pembersihan dan menghilangkan cat.

3 dari 5 halaman

2. Gunakan spons atau kain bersih

Ilustrasi Spons PembersihIlustrasi Spons Pembersih © Klikdokter.com

Selanjutnya, celupkan lap bersih, kain atau spons ke dalam air. Sekali lagi, pastikan apa pun yang Moms gunakan bersih karena menghindari kotoran yang berpindah ke dinding. Angkat spons dan peras hingga keadaannya menjadi lembab tidak basah. Lalu, seka bagian dinding yang kotor menggunakan spons atau kain.

4 dari 5 halaman

3. Bilas dengan air bersih

Ilustrasi Membersihkan Dinding RumahIlustrasi Membersihkan Dinding Rumah © Pompair.com

Setelah dinding yang kotor diseka, ganti air di dalam ember dengan air yang baru, lalu bilas spons yang kotor setelah digunakan. Seka ulang dinding untuk membersihkan sisa-sisa sabun yang masih menempel. Biarkan dinding mengering dengan sendirinya. Jika ingin mempercepat proses pengeringan, letakkan kipas angin di depan dinding ya Moms.

5 dari 5 halaman

Dinding yang terlihat kotor memang kurang enak dipandang ya Moms. Oleh sebab itu, alangkah lebih baiknya Moms rutin membersihkan dinding agar terhindar dari debu dan kotoran. Rumah yang nyaman dengan dinding yang bersih bisa menjadi salah satu good vibes dalam menjalankan kegiaan sehari-hari di rumah. Semoga membantu ya!

Join Diadona.id