4 Perawatan Alat Rumah Tangga yang Praktis dan Sederhana, Paling Dibutuhkan Pas Pandemi Moms!

Home-decor | Senin, 13 September 2021 17:26

Reporter : Yayuk Harini

Kulkas, mesin cuci, AC, dan oven, jadi primadona di saat pandemi. Jadi wajib banget untuk diperhatikan perawatannya Moms.

Pandemi masih saja berlangsung. Alhasil, segala aktivitas di rumah akan makin intens. Bagi moms yang suka hal praktis, tentu penggunaan alat elektronik patut diperhatikan.

Kebutuhan akan kepraktisan, kemudahan, dan kecepatan dalam beraktivitas, menuntut keempat peranti paling banyak digunakan ini seperti kulkas, mesin cuci, AC, dan oven berada pada kondisi prima.

Berikut adalah beberapa tips perawatannya Moms. Simak yuk!

4 Perawatan Alat Rumah Tangga yang Praktis dan Sederhana, Paling Dibutuhkan Pas Pandemi Moms!
2 dari 8 halaman

1. Kulkas

Ilustrasi KulkasIlustrasi Kulkas © unsplash.com/Erik Mclean

Kulkas menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang hampir ditemukan di setiap rumah. Beri ruang antara kulkas dan dinding agar tidak menghambat aliran udara panas dari kompresor. Bersihkan lemari es minimal 1 bulan sekali.

Selain bermanfaat untuk menjaga higenitas kulkas, jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini juga bermanfaat untuk membantu Moms mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah atau dikonsumsi.

3 dari 8 halaman

Mengisi kulkas secara berlebihan, membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal, yang hingga mengakibatkan penurunan kemampuan dalam melindungi kesegaran bahan makanan.

Jangan suka emmbuka tutup kulkas secara intens ya, nanti akan menjadikan makin boros listrik. Jangan menaruh makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas. Ini dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan.

Pilih jenis bahan makanan yang sebaiknya memang disimpan di kulkas, dan pisahkan bahan atau makanan yang aman disimpan di suhu ruangan.

4 dari 8 halaman

2. Mesin Cuci

Ilustrasi Mesin CuciIlustrasi Mesin Cuci © 2020 https://www.diadona.id/timeincuk

Mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari dalam mencuci pakaian hingga perabot kain lainnya. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci adalah sebagai berikut.

Jangan letakkan mesin cuci di kamar mandi. Kadang orang berpikir meletakkan mesin cuci di kamar mandi akan memudahkan saat proses mencuci dan pembuangan air. Namun, lingkungan yang lembap membuat mesin cuci mudah koslet sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna.

5 dari 8 halaman

Perhatikan selalu kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusak drum mesin cuci.

Bersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.

6 dari 8 halaman

3. Oven

Ilustrasi OvenIlustrasi Oven © Cnet.com

Selama menghabiskan waktu di rumah, aktivitas seperti memasak dan membuat kue makin digemari. Oven, menjadi perangkat dapur favorit yang dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan dan camilan favorit keluarga.

Bersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar oven agar oven tetap terjaga higenitasnya. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan.

Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang digunakan, jangan sampai membuat masakan yang diolah terkontaminasi bau gas karena regulator tidak terpasang dengan baik.

7 dari 8 halaman

4. AC

5 Tips Menentukan Lokasi Pemasangan AC yang Tepat, Gak Boleh Asal ya Moms!5 Tips Menentukan Lokasi Pemasangan AC yang Tepat, Gak Boleh Asal ya Moms! © © MEN

AC menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya. Karena, jika ruanagn adem maka kita makin betah berada di dalam rumah terus selama pandemi.

Sesuaikan besar PK dengan luas ruangan yang akan dipasangi pendingin ruangan. Selain itu, ketika AC digunakan, pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan.

8 dari 8 halaman

AC bekerja dengan cara menghisap dan menghembuskan udara. Apabila terdapat banyak debu yang melekat di lemari, meja atau benda lain di sekitar perangkat, AC akan cepat kotor, sehingga udara yang dihasilkan pun akan terpengaruh higenitasnya.

Rutin bersihkan AC, minimal 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk mencabut listrik saat AC dibersihkan untuk keamanan.

Semoga membantu ya Moms. Selamat mencoba!

Join Diadona.id