4 Pilihan Lantai Motif Kayu Buat Hunianmu Tampil Estetik Seketika

Home-decor | Rabu, 21 April 2021 17:00

Reporter : Ayu

Pilhan bahan lantai motif kayu yang bisa Moms pilih.

Pengaplikasian lantai kayu dalam hunian dinilai mampu emberikan suasana hangat, segar dan natural. Kendati demikian, menggunakan lantai kayu secara langsung dapat menyebabkan rasa tidak nyaman sebab seringkali lantai kayu berbunyi ketika diinjak.

Tak hanya itu saja Moms, lantai kayu juga tidak tahan air dan mudah keropos. Salah satu alternatif yang bisa Moms coba adalah dengan menggunakan lantai motif kayu. Dengan menggunakan lantai motif kayu dengan jenis bahan berikut ini, Moms jadi tak perlu khawatir lagi dengan beberapa kekurangan tadi.

Melansir dari Impack-pratama.com pada Rabu (21/4/2021), berikut ini adalah beberapa ide lantai kayu yang bisa Moms pilih.

 

 

4 Pilihan Lantai Motif Kayu Buat Hunianmu Tampil Estetik Seketika
2 dari 5 halaman

1. Keramik

LantaiLantai © Impack-pratama.com

Lantai berbahan keramik atau tanah liat yang dipanaskan juga memiliki motif kayu. Lantai motif kayu yang terbuat dari bahan keramik cukup banyak digunakan di rumah tropis seperti di Indonesia. Kelebihan dari lantai berbahan keramik adalah mudah dibersihkan, tidak menyerap debu dan tahan air.

Namun, lantai yang terbuat dari bahan ini cenderung keras dan dingin sehingga kurang cocok untuk digunakan di daerah yang memiliki iklim dingin atau sejuk serta kurang nyaman untuk dipakai berdiri terlalu lama. Tak hanya itu, pemasangan lantai keramik juga terbilang cukup sulit dan memakan biaya cukup banyak Moms.

3 dari 5 halaman

2. Vinyl

LantaiLantai © Impack-pratama.com

Vinyl adalah bahan sintetis yang terbuat dari Poly Vinyl Chloride atau PVC. Bahan ini termasuk aman untuk hunian sehingga digunakan oleh kebanyakan orang sebagai alternatif lantai selain keramik.

Kelebihan lantai vinyl adalah pemasangan dan perawatan yang mudah, elastis, tahan air dan relatif murah. Nah, lantai vinyl motif kayu ini merupakan pilihan favorit bagi Moms yang menginginkan rumah estetik ala rustic atau scandinavian tanpa perlu merogoh kocek yang dalam untuk biaya perawatannya.

4 dari 5 halaman

3. Parket

LantaiLantai © Impack-pratama.com

Jenis lantai kayu lainnya adalah parket atau lantai kayu dari 100% kayu yang tersusun sedemikian rupa sehingga tampak alami dan rapi. Lantai motif kayu jenis parket memiliki beberapa kelebihan antara lain, mudah dibersihkan, dan tidak menimbulkan alergi.

Parket dinilai jauh lebih tahan lama dan mampu menimbulkan kesan alami dan segar ala rustic interior yang lebih kuat dibandingkan dengan lantai motif kayu jenis lain. Adapun kekurangan parket ini adalah tidak terlalu tahan air atau kelembaban, mudah rusak karena goresan benda tajam dan licin. Proses pemasangan sendiri juga membutuhkan keahlian khusus Moms.

5 dari 5 halaman

4. Sticker

LantaiLantai © Impack-pratama.com

Cara mudah lainnya untuk membuat lantai tanpa keramik di rumah Moms adalah dengan cara membeli dan menggunakan stiker lantai. Kini, terdapat banyak motif stiker lantai yang dapat Moms gunakan. Salah satunya adalah stiker lantai motif kayu.

Dibandingkan dengan pelapis lantai dari bahan lainnya, stiker lantai terbilang lebih murah dan mudah dipasang. Tak hanya itu, stiker lantai juga didesain sedemikian rupa sehingga tahan air dan cukup tahan akan goresan.

Namun, stiker lantai tidak tahan terhadap suhu sehingga kurang cocok ditempel pada lantai teras atau halaman belakang. Penggunaan stiker lantai juga perlu ekstra hati-hati sebab mudah robek.

Bagaimana Moms, tertarik untuk menggunakan jenis lantai motif kayu yang mana nih buat hunian?

Join Diadona.id