4 Tahap Memilih Jasa Tukang Borongan untuk Bangun Rumah Impian

Home-decor | Rabu, 27 Oktober 2021 18:09

Reporter : Yayuk Harini

Begini lho cara menyeleksi tukang borong bangunan, gak boleh asal ya Moms!

Memilih jasa tukang borong bangunan memang bisa dijadikan opsi dalam membangun rumah. Kendati demikian, Moms juga patut berhati-hati dan gak boleh asal percya begitu saja ya.

Bukannya kenapa, sebab dalam berbagai kasus sudah banyak terjadi berbagai kejadian tak menyenangkan dimana bangunan yang didirikan ternyata tak sesuaii dengan konsep serta keinginan. Jadi, sangat penting dilakukan yang namanya tahap pemilihan. Berikut adalah langkahnya Moms. Simak yuk!

4 Tahap Memilih Jasa Tukang Borongan untuk Bangun Rumah Impian
2 dari 6 halaman

1. Menyiakan desain dan material

Siapkan dulu desain rumah serta material yang dibutuhkan. Moms bisa melakukan konsultasi dengan pihak yang benar-benar paham dan tahu pasti akan jenis dan material yang baiknya digunakan pada rumah yang akan dibangun nantinya.

Jangan sampai menyerahkan pemilhan material pada pemborong, takutnya nanti tidak sesuai ekspektasi. Bahkan ada juga pemborong yang meminta tambahan biaya material tanpa Moms tahu betul kondisi yang dipilih.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi BangunanIlustrasi Bangunan © Shutterstock.com

Konsep dan material yang Moms pilih nantinya bakal sangat memudahkan jasa tukang borongan rumah agar segera memulai proses pebangunan. Mengutip dari Mitrarenov.com, Rabu (27/10/2021) disarankan agar Moms nantinya memilih borongan upah saja karena lebih murah dibandngkan dengan sistem borongan keseluruhan.

4 dari 6 halaman

2. Memilih jasa tukang profesonal

Kenali juga karakter dan kualitas pekerja tukang untuk mencegah terjadnya salah memilih jasa yang berdampak pada masalah pembiayaan di kemudian hari. Sangat disarankan Moms memiliki banyak referensi tukang bangunan yang benar-benar profesional. Semakin bagus jasa tukang bangunan, rumah akan makin berkualias, kokoh, dan sesuai dengan ekspektasi.

5 dari 6 halaman

Mengenal Jenis Material dan Finishing yang Tepat untuk Rumah IdamanMengenal Jenis Material dan Finishing yang Tepat untuk Rumah Idaman © © MEN

3. Buat jadwal pengawasan jasa tukang borongan

Seperi yang sudah banyak orang ketahui kalau kebanyakan borongan menginginkan pekerjaan cepat selesai. Bahkan, mereka rela bekerja lembur. Namun, tak jarang pula mereka yang seolah abai pada kualitas bangunan sampai didapati cacat dan cepat rusak. Oleh sebab itu, pastikan Moms membuat jadwal pengawasan para tukang borongan yang terorganisir dengan baik.

6 dari 6 halaman

4. Garansi

Pastikan juga Moms mendapatkan garansi terhadap pekerjaan mereka. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya masalah kerusakan saat bangunan selesai dikerjakan. Dengan garansi, masalah tersebut akan diproses kembali oleh jasa tukang borongan untuk membetulkan bagian yang rusak tanpa perlu bingung masalah pembiayaan lagi.

Well, itua tadi beberapa ahapan yang perlu Moms lakukan untuk memilih tukang borong bangunan ya. Semoga membantu Moms!

Join Diadona.id