4 Tips dan Cara Simpel Membuat Rumah Terbuka Tanpa Sekat

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 29 Oktober 2021 17:31
4 Tips dan Cara Simpel Membuat Rumah Terbuka Tanpa Sekat
Inilah tips mudah buat Moms hadirkan rumah lega tanpa sekat.

Menata rumah dengan konsep open space memang dianggap sebagai jalan yang tepat untuk kondisi serba praktis. Pengaturan rumah semacam ini akan membat hunian jadi tampak luas.

Alhasil, Moms bisa bergerak lega meski rumah hanya berukuran seadanya. Kendati demikian, pengaturan semacam ini juga membawa tantangan.

Konsep terbuka berarti juga minim sekat dan mungkin saja akan mengurangi privasi. Berikut adalah beberapa tips membuat rumah terbuka tanpa sekat. Simak yuk Moms!

1 dari 5 halaman

1. Mengubah ketinggian lantai untuk membedakan ruang satu dan lainnya

Meski tidak ada dinding, perbedaan ketinggian membuat area tersebut tampak terasa istimewa. Tak hanya meninggikan satu area, Moms juga bisa " menenggelamkan" area tersebut, membuatnya lebih rendah dari area lain. Cara ini membuat area tersebut terasa lebih intim dan menenangkan.

2 dari 5 halaman

Dekorasi Plafon © Diadona

2. Berikan aksen berbeda pada plafon

Ada beberapa cara untuk memberikan aksen berbeda pada plafon. Sebagai contoh, penggunaan aksen kayu. Tidak hanya bagian plafon, dinding yang menempel pada area plafon ditutup dengan papan kayu. Menempatkan aksen ini dalam ruangan yang dipenuhi warna putih, memberikan kesan hangat.

3 dari 5 halaman

Jika Moms tidak ingin menambahkan material baru pada ruangan tersebut, bisa juga menggunakan cat. Pilihlah warna yang dramatis dan pertahankan konsistensi warna tersebut dari dinding ke plafon. Moms juga bisa " membagi" ruangan dengan membuat plafon hias dari papan gipsum. Beri efek drop ceiling dan sempurnakan dengan memasang pencahayaan menarik.

4 dari 5 halaman

Alternatif Memberikan Transisi Ruang yang Jelas Tanpa Menggunakan Sekat Solid © Diadona

3. Bagi ruangan dengan memanfaatkan " layar" atau sekat yang tidak menutup satu area dengan sempurna

Cara ini membuat Moms masih bisa melihat area di balik sekat, namun ada rasa terpisah dari area tersebut. Moms juga bisa menggunakan perpaduan antara kaca dan besi atau besi dengan kayu. Rak buku pun bisa dimanfaatkan. Kuncinya adalah tetap memberikan akses visual antar ruang.

5 dari 5 halaman

4. Bagi area dengan menggunakan penutup lantai berbeda

Hanya dengan menggunakan material atau bahkan warna berbeda, misalnya parket untuk dapur dan marmer untuk ruang makan, Moms bisa membagi kedua ruang tersebut. Alhasil, ruang tetap lega dan terasa penuh suasana.

Selamat mencoba ya Moms!

Beri Komentar