4 Tips Penting Sebelum Memasang Pagar Rumah

Home-decor | Jumat, 27 Agustus 2021 17:13

Reporter : Yayuk Harini

Kendati kebanyakan orang lebih memilih pagar berdasarkan model yang disukai, tetapi ada hal lain yang harus dipertimbangkan saat menentukan pagar rumah.

Pagar rumah adalah salah satu aspek bangunan yang berguna untuk menjaga keamanan rumah dari hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, pagar rumah juga akan memberikan tampilan yang berbeda bagi keindahan sebuah hunian.

Oleh karenanya, pemilihan pagar rumah menjadi salah satu aspek penting kala membangun hunian. Meskipun kebanyakan orang akan lebih memilih pagar berdasarkan model yang disukai, namun ada hal lain yang harus dipertimbangkan kala menentukan pagar rumah. Berikut ini tipsnya. Simak yuk!

4 Tips Penting Sebelum Memasang Pagar Rumah
2 dari 6 halaman

1. Sesuaikan Pagar dengan Desain Rumah

Ada berbagai macam desain untuk rumah seperti minimalis, klasik, country, mediterania, victoria, dan masih banyak lagi. Lebih baik Moms memerhatikan desain rumah terlebih dahulu, setelah itu baru deh menentukan desain pagarnya.

3 dari 6 halaman

2. Perhatikan Ukuran Rumah

Tips Penting Sebelum Memasang Pagar RumahTips Penting Sebelum Memasang Pagar Rumah © Creativo

Ukuran bukanlah jadi masalah memiliki sebuah rumah. Namun, sebaiknya lebih jeli dalam memilih pagar rumah. Rumah dengan ukuran mungil bisa memilih pagar rumah minimalis yang memiliki tinggi tidak lebih dari pagar 1,2 meter.

Namun, jika memiliki bangunan rumah yang besar, maka sebaiknya menggunakan pagar yang tinggi sera ukuran besar juga sangat disarankan. Hal ini difungsikan agar rumah tetap estetik dan proporsional antara bangunan dan pagar rumah yang dipilih.

4 dari 6 halaman

3. Sesuaikan Material Pagar

Material pagar pada umumnya terbuat dari baham kayu, besi hollow, besi cor, batu hias, dan stainless. Kebanyakan orang menggunakan pagar bahan besi, sedangkan untuk pagar yang mempunyai banyak motif, bentuk, atau juga model biasanya orang menggunakan kombinasi dari semua bahan tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Pilih Jenis Pagar Rumah

Tips Penting Sebelum Memasang Pagar RumahTips Penting Sebelum Memasang Pagar Rumah © AnvilTheMovie

Kekuatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Banyak sekali bahan seperti kayu yang mudah untuk dirusak. Jadi, Moms bisa menggunakan pagar berbahan besi maupun beton. Pilihlah bahan yang mudah dibentuk, beberapa jenis material dapat dibentuk dan dikreasikan sehingga dapat menambah keindahan eksterior rumah.

Pilihlah juga jenis pagar yang mudah untuk perawatannya. Bahan pagar memang tahan lama tetapi juga menimbulkan banyak masalah seperti berkarat pada besi, sehingga harus dilakukan beberapa perawatan yang tepat.

6 dari 6 halaman

Pagar rumah memang bukan suatu komponen yang utama. Namun kehadiran pagar di sebuah rumah menjadi terasa penting terutama dalam aspek kelengkapan. Selain itu pagar juga dapat memperindah dan mempercantik tampilan rumah.

Bnayak orang lebih memilih dengan pertimbangan harga pagar rumah daripada keserasian. DSari pemaparan di atas, semoga Moms bisa mengetahui kebutuhan ketersediaan pagar sebagai pelengkap dan ekamanan di rumah ya. Sempoga membantu Moms!

Join Diadona.id