5 Cara Sederhana Kurangi Energi Listrik di Rumah, Hemat Biaya dan Ramah Lingkungan deh!

Home-decor | Jumat, 18 Juni 2021 18:39

Reporter : Yayuk Harini

Jangan lupa kurangi pemakaian energi listrik dan air di rumah ya Moms!

Mengurangi energi di rumah tak hanya menghemat tagihan listrik bulanan saja, namun juga bisa memberikan dampak yang lebih baik pada alam. Menerapkan konsep rumah ramah lingkungan untuk hemat energi tak hanya akan mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri, namun juga kebaikan bagi orang lain.

Daripada terus-teruan menggunakan energi yang berlebihan seperti vampir listrik, tindakan hemat energi di rumah nyatanya bukan hal yang terlalu sulit dilakukan. Bahkan, ada banyak upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat rumah menjadi lebih hemat energi lho. APa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya berkut ini.

5 Cara Sederhana Kurangi Energi Listrik di Rumah, Hemat Biaya dan Ramah Lingkungan deh!
2 dari 6 halaman

1. Beralih ke peralatan elektronik hemat energi

Contoh Penggunaan Lampu LEDContoh Penggunaan Lampu LED © gindestarled

Tahukah Moms, bahwa mengganti bohlam lampu menjadi lampu hemat energi seperti LED dapat membantu menghemat penggunaan listrik hingga lebih dari 50 persen lho! Tanpa perlu takut mengurangi kualitas pencahayaan di rumah, Moms bisa memulai langkah hemat listrik dengan mengganti bohlam lampu menjadi lampu hemat energi.

3 dari 6 halaman

2. Matikan dan cabut steker dari stopkontak saat tidak digunakan

Cabut steker dari stopkontak saat tidak digunakanCabut steker dari stopkontak saat tidak digunakan © Dekoruma.com

Agar lebih hemat energi, langkah paling nyata adalah dengan mengurangi penggunaan energi. Mulailah bijak dalam memanfaatkan energi listrik, misalkan hanya menggunakan stopkontak extension dengan banyak slot saat perlu aliran listrik untuk lebih dari satu perangkat elektronik.

4 dari 6 halaman

3. Menghemat penggunaan air

Menghemat penggunaan airMenghemat penggunaan air © Dekoruma.com

Inisiatif untuk hemat air di rumah perlu dilaksanakan agar lebih hemat energi. Hal-hal praktis seperti mencuci baju dengan mesin cuci saat pakaian kotor sudah dapat memenuhi mesin cuci dan menggunakan air limbah rumah tangga untuk menyiram tanaman tak hanya menghemat waktu, kamu pun juga menghemat sumber daya.

5 dari 6 halaman

4. Optimalkan sirkulasi udara dan sistem pencahayaan di rumah

Jadi Elemen Penting Rumah, Berapa sih Ukuran Ideal Bukaan Jendela Minimalis Moms?Jadi Elemen Penting Rumah, Berapa sih Ukuran Ideal Bukaan Jendela Minimalis Moms? © © MEN

Cuaca di negara tropis seperti Indonesia membuat AC ataupun kipas angin menjadi tambahan wajib pada hunian. Tapi, terlalu bergantung pada perangkat elektronik tersebut menjauhkan kamu dari menjalankan inisiatif hemat energi. Padahal, dengan memperbaiki sirkulasi udara di hunian, Moms bisa membuat udara di ruangan jadi nyaman tanpa perlu menggunakan AC atau kipas angin sekaligus menjadi hemat energi.

6 dari 6 halaman

5. Beralih ke sumber energi ramah lingkungan

Kipas Angin Berdiri Vs Gantung, Mana yang Lebih Baik?Kipas Angin Berdiri Vs Gantung, Mana yang Lebih Baik? © © MEN

Sudah banyak juga peralatan rumah tangga yang dirancang dengan sumber energi alternatif yang bisa membantu rumah menjadi lebih hemat energi. Misalnya penggunaan panel surya untuk menghangatkan air. Dengan memanfaatkan panas matahari, kamu bisa tetap menikmati mandi dengan air hangat tanpa perlu takut rumah menjadi tidak hemat energi.

Yuk lebih bijak lagi menggunakan energi dalam hunian Moms! Semoga menginspirasi ya.

Join Diadona.id