5 Cara Simpel untuk Membuat Rumah Ramah Kucing

Reporter : Hevy Zil Umami
Sabtu, 6 Februari 2021 19:19
5 Cara Simpel untuk Membuat Rumah Ramah Kucing
Biar si bos bulu makin senang!

Tidak hanya menyediakan tempat berlindung, rumah sekarang menjadi kunci penting untuk membantu kucingmu menjalani hidup yang bahagia dan sehat.

Apalagi bila kamu sibuk atau akan lama meninggalkannya di rumah, gunakan ide sederhana ini untuk menciptakan hunian yang lebih ramah kucing.

1 dari 5 halaman

Tambah Ruang Vertikal

Ilustrasi Kucing © Diadona

Menghabiskan banyak waktu di rumah, salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk membuat rumahmu lebih nyaman bagi kucing adalah membuat ruang vertikal. Hewan peliharaanmu bisa memanjat, bertengger, dan menjelajah.

Mulailah dengan memindahkan furnitur untuk membuat jalur yang mudah dilintasi kucing. Tambahkan beberapa rak kucing yang dipasang di dinding untuk mengasah keterampilan memanjat atau melompat.

2 dari 5 halaman

Waktu Bermain Lebih Menyenangkan

Ilustrasi Kucing © Diadona

Meluangkan waktu untuk bermain dengan kucing merupakan salah satu hal wajib bagi setiap pemilik. Kamu tidak ingin hewan peliharaan kamu bosan dan mulai merusak barang-barang di dalam rumah kan? Miliki berbagai mainan yang meniru jenis mangsa kucing dan sembunyikan di tempat-tempat yang akan mereka temukan saat kamu melewati jalur vertikal yang telah dibuat.

3 dari 5 halaman

Sediakan Media Gores

Ilustrasi Kucing © Diadona

Dipicu oleh naluri alami mereka, kucing membutuhkan permukaan yang kasar untuk menggiling kukunya dan menghilangkan lapisan bekasnya. Layaknya mainan, ada baiknya memiliki berbagai media dengan tekstur yang berbeda-beda seperti karton, anyaman, atau karpet dan meletakkannya di berbagai bagian rumah. Selain membuat kamu senang, furnitur juga akan terbebas dari risiko cakaran kucing.

4 dari 5 halaman

Latih Indra Penciuman

Ilustrasi Kucing © Diadona

Kucing mengandalkan indra penciumannya untuk mengenali keberadaan mangsa atau predator di dekatnya, serta untuk mengenali bau makanan. Tidak ada salahnya memberikan stimulasi dengan menaburkan sedikit catnip kering di atas selimut atau tempat tidur. Jika tidak berhasil, kamu dapat mencoba variasi lain seperti pohon anggur perak, akar valerian, atau tanaman merambat berbau harum.

5 dari 5 halaman

Tempat Persembunyian yang Nyaman

Ilustrasi Kucing © Diadona

Kucing suka memiliki ruang kecil untuk meringkuk saat tidur atau mengintip sekelilingnya. Ada banyak cara kreatif untuk menciptakan tempat persembunyian yang nyaman untuknya di rumah. Selain kandang kucing, kamu juga bisa meletakkan kasur kucing di bawah kursi, bahkan kardus untuk dimainkan.

Terlepas dari berbagai ide tersebut, jangan lupa untuk mempertimbangkan di mana akan meletakkan wadah makanan. Jauh dari keramaian, kotak kotoran, dan hewan peliharaan lainnya.

Beri Komentar