5 Dasar Penting Sebelum Membeli Rumah Baru, Pertimbangkan Secara Matang Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 5 Oktober 2020 11:30
5 Dasar Penting Sebelum Membeli Rumah Baru, Pertimbangkan Secara Matang Moms!
Beberapa aspek berikut ini akan sangat membantu Moms dalam mempertimbangkan rumah baru.

Rumah adalah salah satu kebutuhan penting dalam hidup. Memiliki hunian yang nyaman adalah dambaan semua orang. Banyak jalan yang bisa ditempuh agar Moms bisa memiliki rumah sendiri, bisa dengan cara membangun atau langsung membeli properti jadi.

Semakin banyaknya pertimbangan yang dipikirkan, beberapa orang lebih memilih untuk membeli rumah jadi karena alasan praktis dan enggak ribet. Nah, jika saat ini Moms dalam keadaan bingung untuk membeli rumah jadi, beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan berikut ini sangat bisa Moms lakukan. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

 

1 dari 6 halaman

1. Apakah Harga Sudah Pas di Kantong?

Membeli Rumah © Diadona

Umumnya, sebelum membeli sesuatu seseorang akan mempertimbangkannya dengan jumlah budget yang dimiliki. Begitu pula dengan properti rumah yang merupakan kebutuhan fundamental dalam kehidupan. Sangatlah penting mengetahui apakah properti yang akan Moms beli tersebut sudah sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Alangkah lebih baik jika Moms fokus pada properti yang mampu Moms beli. Jangan membuang waktu untuk hanya sekedar melihat propert yang Moms tidak mampu untuk membelinya. Tak hanya itu saja, hal lain yang juga perlu Moms siapkan adalah dana tambahan untuk aneka biaya kepemilikan.

2 dari 6 halaman

2. Apakah Lokasinya Sudah Sesuai?

Kalau sudah tahu dengan rencana anggarana yang akan dikeluarkan, fokus selanjutnya yang harus Moms lakukan adalah dengan mengetahui dimanakah lokasi rumah yang mau Moms pilih. Pastikan rumah yang akan dibeli berlokasi dekat dari tempat kerja serta fasilitas umum seperti sekolah. Bukan tanpa alasan, dengan mengetahui lokasi rumah yang akan dibeli hal ini turut berpengaruh pada kualitas hidup Moms dan keluarga selama bertahun-tahun ke depan.

3 dari 6 halaman

3. Berapa Ukuran yang akan Dibeli?

Membeli Rumah © Diadona

Saat Moms akan membeli rumah baru, hal yang tak kalah penting dan patut dipertimbangkan adalah dengan memikirkan ukuran hunian yang tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Lihat bagaimana ukuran kamar tidur, kondisi kamar mandi, serta ukuran rumah secara keseluruhan.

Namun perlu diingat bahwa properti baru memang tidak memiliki semua aspek yang Moms inginkan seperti halnya membangun sendiri. Kendati demikian, Moms tetap bisa memilih properti yang nantinya bisa Moms kembangkan sendiri sesuai harapan.

Selain itu, ukuran tempat tinggal ini juga sangat bergantung dari jumlah anggota keluarga yang akan menempatinya. Apakah Moms hanya tinggal dengan pasangan atau ingin mengakomodasi keluarga besar?

4 dari 6 halaman

4. Bagaimaan Penampakan Rumah secara Langsung?

Nah, hal yang tak kalah memusingkan sekaligus bikin lelah adalah melihat properti yang akan dibeli secara langsung. Saking banyaknya pilihan, terkadang kita juga harus jeli serta bergerak cepat untuk segera menentukan pilihan.

Salah satu caranya adalah dengan menghampiri langsung ke lokasi dimana rumah tersebut berada. Tak mungkin juga dong Moms harus melihat semua properti yang dibeli, jadi mulailah untuk mempersempit daftar rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

5 dari 6 halaman

5. Apa Tujuan Moms Membeli Rumah?

Membeli Rumah © Diadona

Bukan tanpa alasan, tentu ada banyak faktor yang melatarbelakangi keputusan Moms untuk harus membeli rumah baru. Misalnya saja untuk tempat tinggal atau untuk disewakan kepada orang lain.

Apapun tujuan membeli rumah pastikan Moms membeli properti sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang telah ditetapkan. Hal yang paling penting dari itu semua adalah mulai mempersiapkan DP untuk membeli rumah. Alih-alih menyiapkan DP, alangkah lebih baik lagi jika Moms menyiapkan dana tunai.

Beri Komentar