5 Ide Modifikasi Sofa Lama Jadi Terlihat Seperti Baru, Cobain deh Moms!

Home-decor | Senin, 9 Agustus 2021 17:08

Reporter : Yayuk Harini

Jangan keburu beli Moms, mending permak sofa dengan beberapa cara ini dulu deh.

Sofa umumnya memang merupakan tempat yang paling nyaman buat beristirahat selain kasur. Tak hanya sama-sama empuk, sofa biasanya terletak di ruang tamu yang dihadapkan langsung dengan televisi. Hal ini tentunya membuat acara nonton jadi makin nyaman dengan kehadiran sofa.

Namun apa jadinya kalau sofa Moms kulitnya sudah mulai mengelupas dan lusuh? Yakin deh, mungkin Moms jadi tak akan bisa lagi beristirahat dengan nyaman bukan?

Di masa pandemi ini, kita juga harus pandai-pandai berhemat ya. Oleh sebab itu, jangan dulu keburu beli sofa baru ya Moms. Bisa kok diakali dengan beberapa cara ini. Simak yuk!

5 Ide Modifikasi Sofa Lama Jadi Terlihat Seperti Baru, Cobain deh Moms!
2 dari 6 halaman

Gunakan Slipcover

Dilansir dari Kompas.com, slipcover adalah teknik yang digunakan untuk membungkus sofa dengan kain baru tanpa harus membuka bahan kain lama. Cara ini dinilai lebih cepat, efisien dan murah.

Moms juga bebas mencuci dan melepas cover sofa-nya kapan saja. Selain itu juga bisa mengganti-ganti cover dengan warna dan motif kesukaan Moms. Ukuran slipcover pun berbeda-beda. Ada yang bisa menutupi kesuluran sofa, ada juga slip cover yang hanya bisa menutupi beberapa bagian sofa.

3 dari 6 halaman

Tutupi dengan Bantal Sofa

Ilustrasi SofaIlustrasi Sofa © goodhousekeeping.com

Jika kerusakan atau tampilan sofa tidak begitu parah, Moms tehntunya bisa menyembunyikannya dengan beberapa bantal kecil. Bukan hanya satu atau dua, gunakan berbagai macam ukuran bantal untuk sofa dari yang besar hingga boneka kecil. Selain berfungsi untuk menutupi, bantal dan boneka ini berfungsi sebagai alat yang mempercantik sofa lama.

4 dari 6 halaman

Repaint Sofa

Siapa yang bilang Moms tak bisa mewarnai ulang sofa kesanyangan? Dilansir dari Homify.com, Moms bisa banget mengganti warna sofa dengan pelapis warna. Umumnya, pelapis warna atau upholstery paint bentuknya spray sehingga lebih mudah dan cepat dikerjakan. Hasil warnanya halus dan tidak akan kering mengelupas seperti cat tembok. Sebelum dipakai, pastikan untuk dikeringkan selama 72 jam ya.

5 dari 6 halaman

Mengganti Bantalan Sofa

Ilustrasi SofaIlustrasi Sofa © 123rf

Untuk kesan baru dan fresh, Moms tidak perlu mengganti keseluruhan sofa, cukup ganti bagian dudukan sofa. Biasanya bagian dudukan sofa bisa di copot pasang dan diganti covernya. Sesuaikan cover dengan warna senderan sofa. Namun jika senderan sofa aksen utamanya adalah kayu, Moms bisa mengenakan warna dan motif apa saja.

6 dari 6 halaman

Mengubah Design Sofa

Jika Moms sudah benar-benar bosan dengan sofa lama, cara ini merupakan cara terbaik yang bisa Moms lakukan. Teknik ini dapat mengubah bentuk sofa, mulai dari menambah ukiran, menambah busa, menambah renda, pita atau yang lainnya. Untuk teknik modifikasi sofa lama ini tentu Moms tak bisa melakukannya sendiri, karena dibutuhkan keahlian serta alat dan bahan. Untuk itu Moms harus memanggil ahli reparasi atau service sofa ya.

Itulah beberapa cara buat mengatasi kerusakan ringan hingga berat dari sofa. Terguntung Moms, mau pilih yang mana? Semoga menginspirasi ya.

Join Diadona.id