5 Jenis Material Kaca yang Cocok Diaplikasikan untuk Jendela

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 6 Januari 2021 11:00
5 Jenis Material Kaca yang Cocok Diaplikasikan untuk Jendela
Biar rumah makin hidup dan berkarakter, ini jenis material kaca yang cocok untuk jendela.

Jendela adalah salah satu elemen dari rumah yang memiliki banayk peran. Proses sirkulasi udaran dan masuknya cahaya mataharia akan berjalan dengan lancar jika dengana danya jendela ini. Selain itu jendela mampu memberi nilai estetik bagi penghuni rumah, ia akan menjadi hiasan sekaligus dekorasi rumah yang cantik.

Untuk membuat jendela semakin indah, Momks dapat memberikan sentuhan seni dan artistik dengan memanfaatkan material kaca. Nmaun, bagaimana cara memilih kaca yang tepat untuk jendela? Melansir dari Iqbalazhari.com pada Selasa (5/1/2021), berikut adalah tips memilih kaca untuk jendela rumah.

1 dari 6 halaman

Pilihlah jenis kaca jendela yang bening atau kaca cermin. Kaca cermin ini juga fungsional, karena pada bagian luar dapat digunakan untuk seseorang bercermin. Pada bagian ruang keluarga, gunakan kaca jendela yang berukuran besar. Hal ini tentu bermanfaat untuk menambah kesan luas dan nyaman pada ruangan.

Untuk bagian belakang rumah, Moms cukup menggunakan kaca jendela yang kecil. Hal ini tentu berfungsi untuk menambah cahaya masuk ke dalam bagian rumah. Ada berbagai jenis kaca yang tersedia, Moms dapat memilih jenis kaca sesuai kebutuhan.

2 dari 6 halaman

1. Kaca Es

Kaca Es © Diadona

Kaca es adalah jenis kaca yang bertekstur. Tekstur ini dihasilkan saat adonan kaca mulai dicetak dengan roll yang memiliki pola. Kaca jenis ini memiliki segi dekoratif dan mengaburkan bayangan. Selain itu, tekstur kaca es juga mampu mengurangi sinar matahari yang diterima sehingga ruangan tidak silau.

3 dari 6 halaman

2. Kaca Berwarna (Tinted Glass)

Kaca jenis ini juga disebut dengan kaca rayban. Kemampuannya dalam menahan panas sinar matahari mencapai 55 persen sehingga cocok bila diletakkan pada eksterior rumah. Kaca ini mampu menjaga kenyamanan pada dalam ruangan sebagai ganti pendingin. Untuk menambah kegelapan pada kaca, Moms cukup dilapisi berkali-kali.

4 dari 6 halaman

3. Kaca Cermin

Kaca Cermin © Diadona

Kaca cermin memiliki sifat seperti cermin. Ia dapat mengurangi sifat tembus pandang dari salah satu sisi. Sehingga pada bagian luar tidak bisa melihat bagian dalam, sedangkan dari dalam dapat melihat bagian luar rumah.

5 dari 6 halaman

4. Kaca Bening

Kaca bening adalah jenis kaca yang polos, tidak berwarna, rata, dan tanpa distorsi. Kaca ini dapat membentuk bayangan sempurna lebih dari 90 persen dari wujud aslinya. Kaca jenis ini tidak cocok pada bagian eksterior rumah karena tidak mampu menahan panas sinar matahari. Ketebalan kaca bening terdiri atas 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Ketebalan ini disesuaikan dengan ukuran kaca, semakin besar kaca sebaiknya semakin tebal ukurannya.

6 dari 6 halaman

5. Kaca Tampered

Kaca Tamperad © Diadona

Kaca jenis ini mempunyai keunggulan kekuatan yang sangat tinggi yaitu 3-5 kali lipat dibandingkan kaca biasa. Kaca ini dapat menahan beban angin, berat, dan tekanan yang lebih tinggi. Bahkan jika kaca ini pecah, pecahan itu aman karena berbentuk bulat dan tumpul. Kaca ini akan sangat cocok sebagai pengganti dinding.

Nah, itulah tadi beberapa jenis kaca yang cocok saat akan diaplikasikan sebagai jendela Moms. Semoga membantu ya.

Beri Komentar