5 Kesalahan dalam Menata Dapur yang Tak Terlalu Diperhatikan

Reporter : Riza Umami
Jumat, 19 Juni 2020 12:17
5 Kesalahan dalam Menata Dapur yang Tak Terlalu Diperhatikan
Apa aja ya?

Dapur adalah salah satu ruangan yang selalu ada dan diperlukan di sebuah rumah. Untuk di rumah minimalis, penataan dapur ini tentu menjadi hal yang cukup penting agar space dapur tersebut bisa digunakan sebaik mungkin.

Selain itu, biasanya dapur ini adalah ruangan yang gampang banget kotor ya, apalagi kalau habis masak banyak gitu. Oleh sebab itu, diperlukan penataan yang ideal agar kamu pun tak akan kesulitan saat beres-beres di dapur. Dilansir dari laman haibunda.com (04/06), berikut ini beberapa kesalahan saat menata dapur yang sering tak disadari.

1 dari 5 halaman

1. Tidak Menerapkan Segitiga Dapur

Ilustrasi Perempuan di Dapur © Diadona

Tahukah kamu di dapur ada yang dinamakan dengan segitiga dapur? Tiga hal yang menjadi segitiga ini adalah wastafel, kompor dan freezer. Jarak anta ketiga benda ini harus kurang dari 4 kaki dan tak lebih dari 9 kaki. Hal ini tentu saja untuk memudahkan dalam proses memasak nanti.

2 dari 5 halaman

2. Melupakan Fungsionalitas

Dapur Paula Verhoeven bernuansa Tropis © Diadona

Biasanya dalam mendekorasi dapur ini lebih mementingkan hasil akhirnya dan bagaimana dapurnya nanti terlihat, tetapi mengabaikan fungsionalitas. Penting untuk menata dapur ini dengan memperhatikan fungsionalitas masing-masing peralatan di dapur tersebut.

3 dari 5 halaman

3. Meja yang Terlalu Besar

Ilustrasi Dapur © Diadona

Dapur minimalis ini biasanya jadi satu dengan ruang makan ya. Nah, pastikan sebelum membeli meja ini perhatikan betul ukuran dapur. Jangan sampai nanti meja yang dibeli terlalu besar dan akan kesulitan nanti saat ditempatkan di dapur.

4 dari 5 halaman

4. Tidak Mempunyai Backsplash

Ilustrasi Dapur © Diadona

Backsplash ini adalah bagian vertikal dari konter dapur yaitu area antara kabinet bawah dan kabinet atas dapur. Biasanya backsplash ini fungsinya untuk melindungi dinding dari panas, lemak, uap dan juga percikan lainnya saat memasak. Selain itu, penggunaan backsplash ini akan membuat dapur tampak lebih cantik dan rapi.

5 dari 5 halaman

5. Pencahayaan yang Kurang

Ilustrasi Dekorasi Dapur © Diadona

Pencahayaan menjadi salah satu hal yang penting di dapur baik itu dengan menggunakan cahaya alami dari sinar matahari atau dengan menggunakan lampu. Penerangan yang baik akan memudahkan untuk memasak berbagai makanan di dapur.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang sering diabaikan saat menata dapur. Selamat menata dapur kembali, semoga bermanfaat.

Beri Komentar