5 Pilihan Konsep Warna Ruangan yang Tak Disukai Nyamuk

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 26 Maret 2021 20:00
5 Pilihan Konsep Warna Ruangan yang Tak Disukai Nyamuk
Atasi nyamuk membandel dengan beberapa konsep warna ruangan ini Moms.

Nyamuk yang membandel memang sangat menyusahkan ya. Terlebih saat Moms sedang menikmati waktu bersantai dengan duduk melepas penat di ruang keluarga atau kamar. Namun tiba-tiba terdengar bunyi menyeruak nyamuk beterbangan. Haduh, bawannya pengen marah aja bukan? Hehe...

Namun tenang, beberapa konsep warna ruangan ini ternyata tak disenangi oleh nyamuk lho. Jadi, cocok banget diaplikasikan di setiap ruangan rumah. Berikut informasi selengkapnya melansir dari 99.co pada Jumat (26/3/2021).

1 dari 5 halaman

1. Konsep Warna Putih

Ide Dekorasi Ruangan Berkonsep Krem © Diadona

Menurut studi oleh para ahli, nyamuk punya kecenderungan menyukai warna dengan spektrum gelap. Warna-warna tersebut ialah hitam, merah, serta biru tua, atau navy blue. Jika rumah Moms memang sering dihinggapi nyamuk, cobalah untuk mengganti warna dinding menjadi berwarna cerah seperti putih.

2 dari 5 halaman

2. Pulasan Biru Kehijauan

Sama seperti anjing dan kucing, nyamuk juga tidak memiliki kemampuan untuk mengenal dan membedakan warna, atau disebut buta warna. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, warna-warna cerah di rumah tidak memiliki kemampuan untuk mengikat gas CO2.

Semakin terang spektrum warnanya, tentu akan semakin banyak menangkal penyerapan gas ini. Warna cat biru kehijauan seperti cyan, turquoise, teal, bondi blue, dan ming merupakan pulasan menarik yang sering digunakan banyak orang di rumah.

3 dari 5 halaman

3. Warna Cat Hijau yang Dibenci Nyamuk

Hijau merupakan warna yang kerap diibaratkan dengan tumbuhan yang sangat menarik untuk dijadikan pilihan. Walau nyamuk-nyamuk  tidak bisa mengidentifikasinya, warna hijau memiliki kemampuan yang sama dengan warna-warna terang lainnya.

Di samping itu, warna hijau berkesan alami dan cocok untuk dijadikan aksen dekorasi di rumah. Karpet, sofa, cushion, taplak meja, hingga tanaman berwarna hijau dalam ruangan merupakan beberapa dekorasi ruangan yang bisa Moms pilih.

4 dari 5 halaman

4. Warna Kuning Kecoklatan

Ide Dekorasi Ruangan Berkonsep Krem © Diadona

Warna kuning kecoklatan atau sering disebut sebagai warna khaki memang cukup sering dijadikan pilihan utnuk memulas dinding, terlebih untuk rumah-rumah dengan nuansa tradisional. Walau terkesan sedikit gelap, ternyata warna ini ampuh menangkal nyamuk masuk ke rumah lho. Jadi, pastikan warna cat yang dibenci nyamuk ini tidak luput dari pilihan Moms.

5 dari 5 halaman

5. Warna Kuning pada Dinding Rumah

Menurut studi, kuning meruapakan warna yang paling sulit diidentifikasi nyamuk karena sangat membingungkan mereka. Ini adalah pilihan yang sangat tepat jika Moms memilih jenis-jenis dekorasi dengan guratan kuning cerah untuk mempercantik rumahmu.

Karena sifatnya yang sangat terang dan ceria, kadang menggunakan warna cat kuning yang berlebih malah akan memberikan kesan yang berat dan cenderung panas. Jadi, ada baiknya gunakanlah warna ini sebagai konsep yang tidak dominan.

Nah, itulah tadi beberapa warna yang bisa Moms pilih untuk mengusir nyamuk biar tak mudah menghuni ruangan di rumah. Semoga membantu ya.

 

Beri Komentar