5 Tips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai Keramik

Home-decor | Senin, 11 Oktober 2021 17:10

Reporter : Yayuk Harini

Gak ngos-ngosan lagi ya Moms buat bersihinnya, hemat waktu, hemat tenaga lagi.

Akan menjadi pekerjaan yang bakal menguras tenaga kala mengetahui lantai rumah penuh dengan noda bekas semen, terlebih pasca pembangunan. Alhasil, berbagai cara pun akan kita lakukan demi mewujudkan hunian dengan berlantai kinclong tanpa goresan semen.

Nah, buat Moms yang gak mau repot, berikut adalah beberapa cara mudah untuk menghilangkannya. Dijamin, noda semen di lantai bakal bersih seketika tanpa perlu capek-capek menggosoknya. Berikut tips selengkanya mengutp dari Courtina.id, Senin (11/10/2021).

5 Tips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai Keramik
2 dari 6 halaman

1. Mengoleskan Larutan HCL pada Lantai

Tips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai KeramikTips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai Keramik © Courtina.id

Larutan HCL atau yang biasanya dikenal dengan Asam klorida merupakan senyawa yang terbukti ampuh menghilangkan bekas semen di keramik. Untuk mendapatkan manfaat HCL dalam hal ini sendiri terbilang cukup mudah. Moms tinggal mencampur larutan tersebut ke dalam ember yang berisi air bersih.

Kandungan asam yang tinggi pada larutan HCL ini mampu merusak permukaan lantai jika digunakan terlalu banyak. Oleh karena itu, pastikan buat mencampurnya dengan air bersih dengan persentase yang tepat. Jangan terlampau banyak lantaran bisa merusak permukaan keramik dan kulit manusia.

3 dari 6 halaman

2. Balurkan Hidrogen Peroksida pada Lantai

Tidak jauh beda dengan larutan HCL, hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan kimia yang ampuh dan bisa digunakan untuk menghilangkan semen pada keramik. Namun, satu hal yang perlu Moms ingat bahwa pastikan campurkan hidrogen peroksida dengan tepung putih. Pencampuran ini dimaksudkan agar cairan hidrogen peroksida menggumpal dan berubah jadi pasta.

Jika sudah terbentuk pasta, Moms bisa membalurkannya ke area keramik yang terkena semen hingga seluruhnya tertutup ya. Diamkan selama semalam agar meresap sempurna, jika sudah bilas dengan air dingin di keesokan harinya.

4 dari 6 halaman

3. Gosok Sisa Semen dengan Batu Apung

Tips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai KeramikTips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai Keramik © Courtina.id

Cara cepat lainnya adalah dengan Moms menggosoknya menggnakan batu apung. Namun, pastikan tidak menggosok dengan tekanan yang terlalu keras ya. Hal ini karena permukaan batu apung yang keras dapat merusak permukaan dari lantai keramik.

Jadi, pastikan Moms menggosoknya pada area yang terkena semen saja. Hal yang perlu perhatikan berikutnya adalah rendam terlebih dahulu batu apung ke dalam air hangat. Rendaman air hangat ini mampu meminimalisir terjadinya goresan pada keramik. Moms jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan agar tidak terluka kala menggosokkannya dengan keramik.

5 dari 6 halaman

4. Taburkan Garam ke Lantai

Garam juga bisa digunakan untuk memberihkan sisa noda semen di keramik lho Moms. Moms tinggal menaburkan garam pada bekas keramik yang bernoda semen. Diamkan semalaman agar garam dapat meresap dengan baik ke permukaan semen. Selanjutnya, bilas menggunakan air mengalir. Lakukan percobaan ini sampai noda semen pada keramik hilang.

6 dari 6 halaman

5. Ampas Parutan Kelapa

Tips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai KeramikTips Ampuh Menghilangkan Noda Bekas Semen di Lantai Keramik © Courtina.id

Tak disangka jika ampas parutan kelapa yang biasanya dibuang begitu saja bisa menjadi salah satu cara untuk hilangkan semen di keramik dengan ampuh dan cepat. Caranya juga mudah kok, Moms hanya perlu menggosokkan ampas kelapa ke permukaan keramik yang terkena semen.

Moms tinggal membiarkannya semalaman, agar ampas kelapa tersebut meresap. Selanjutnya, bersihkan dengan kain pel, spons, atau sikat lantai hiingga sisa semen pada keramik benar-benar hilang.

Itu tadi Moms beberapa cara yang bisa dilakukan unuk menghilangkan noda bekas semen di keramik. Semoga membantu ya. Selamat mencoba!

 

Join Diadona.id