5 Trik Mudah Memilih Lantai Kamar Mandi biar Enggak Mudah Licin

Home-decor | Rabu, 16 September 2020 09:00
5 Trik Mudah Memilih Lantai Kamar Mandi biar Enggak Mudah Licin

Reporter : Yayuk Harini

Biar enggak gampang licin, ketahui trik memilih keramik untuk kamar mandi!

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan vital yang harus ada di setiap hunian. Oleh karena itu, kamar mandi harus dibuat senyaman mungkin untuk penghuninya.

Tak jarang, kita pasti mengeluhkan kamar mandi yang gampang licin walau terkena air dan kotoran beberapa hari saja. Menghadapi hal serupa, mengetahui detail pemilihan lantai untuk kamar mandi juga penting lho. Berikut informasi selengapnya.

2 dari 6 halaman

Mengekplorasi Cara Pemasangan Keramik

 Cara Memasang Keramik di Lantai Kamar MandiCara Memasang Keramik di Lantai Kamar Mandi © Shutterstock.com

Umumnya keramik dipasang bersusun seperti papan catur. Moms bisa bereksplorasi untuk membuat pola lantai kamar mandi agar tampilannya terlihat unik.

Misalnya, Moms bisa memasang susunan keramik seperti cara menyusun batu bata pada tembok. Variasi seperti inilah yang akan membuat kamar mandimu terlihat lebih berkarakter.

3 dari 6 halaman

Memilih Motif dan Warna yang Sesuai

Memilih motif dan warna membutuhkan pertimbangan yang cukup matang. Untuk membuat motif, Moms bisa memilih pola yang sesuai dengan tema kamar mandi. Jika Moms menyukai kamar mandi bernuansa minimalis, maka hindari penggunaan pola yang terlalu ramai dan berfokus pada detail keramik.

Saat memilih warna, Moms harus memastikan dahulu apakah kamar mandi tersinari cahaya matahari dengan baik ataukah tidak. Jika tidak, maka pilihlah warna cernah karena sifatnya yang bisa memantulkan cahaya ke seluruh ruangan.

4 dari 6 halaman

Mencari Bahan yang Mudah Dibersihkan

 Lantai Kamar MandiLantai Kamar Mandi © Shutterstock.com

Keramik di kamar mandi memang rentan terhadap serangan lumut dan kuman. Oleh karena itu, pastikan untuk membeli keramik dengan bahan yang mudah dibersihkan. Pastikan juga bahwa keramik yang di beli tahan dari goresan dan warnanya tidak mudah luntur.

5 dari 6 halaman

Menyesuaikan Ukuran Keramik dengan Luas Kamar Mandi

Banyak sekali ukuran dan macam keramik, mulai dari ukuran besar seperti batu alam hingga ukuran kecil yang biasa dipakai untuk membuat pola mozaik.

Jika Moms memiliki kamar mandi yang besar, gunakan keramik berukuran kecil hanya sebagai elemen dekoratif saja. Untuk kamar mandi yang mungil, batasi penggunaan keramik besar untuk mengurangi pemotongan keramik yang terbuang.

6 dari 6 halaman

Mempertimbangkan Cara Perawatannya

 Lantai Kamar MandiLantai Kamar Mandi © Shutterstock.com

Sebelum memutuskan, perhatikan cara perawatan dari keramik yang Moms pilih. Jika Moms memilih keramik dengan warna putih, pastikan untuk memasangnya di area yang jarang terkena kotoran agar tampilannya selalu terllihat prima.

Tak hanya itu saja, jika Moms memilih keramik berukuran kecil, maka Moms akan bekerja lebih keras ketika membersihkannya. Hal ini terjadi lantaran sambungan nat yang dipasang akan semakin banyak.

Nah, itulah tadi Moms beberapa trik untuk emmilih lantai kamar mandi agar tidak mudah licin. Semoga menginspirasi ya.

Join Diadona.id