6 Aspek Menentukan Ukuran Ideal Kitchen Set yang Paling Baik untuk Dapur

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 4 Februari 2021 15:00
6 Aspek Menentukan Ukuran Ideal Kitchen Set yang Paling Baik untuk Dapur
Menjadi area krusial, ini lho beberapa aspek untuk menentukan ukuran ideal pada kitchen set.

Kitchen set adalah salah satu elemen dapur yang terdiri dari kabinet, kompor, bak cucian serta meja yang digunakan untuk mengolah makanan. Kitchen set ini umumnya bersifat permanen dan menyatu dalam ruangan. Hal ini membuat kita harus dengan hati-hati menyesuaikan ukuran yang ideal dan disesuaikan dengan luas ruangan dapur.

Lalu, berapa ukuran ideal kitchen set? Melansir dari Dekoruma pada Kamis (4/2/2021), berikut ini adalah ukuran kitchen set yang paling baik berdasarkan beberapa aspek.

1 dari 6 halaman

1. Tinggi Kitchen Set

Berbagai kegiatan seperti menyiapkan bahan, memasak, dan mencuci umumnya dilakukan di dapur. Kebanyakan, kegiatan tersebut dilakukan dengan berdiri. Hal inilah yang mendasari bahwa seharusnya kitchen set dibuat sesuai dengan tinggi badan penggunanya. Namun, secara ideal, ukuran kitchen set dibuat tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah supaya badan tidak terasa pegal yaitu sekitar 85 cm hingga 110 cm.

2 dari 6 halaman

2. Lebar Meja Dapur

Menentukan Ukuran Ideal Kitchen Set © Diadona

Lebar meja dapur kitchen set juga tak kalah penting untuk diperhatikan, Moms. Saat memasak, Moms tentu membutuhkan area yang luas untuk dapat mengolah bahan makanan, mencuci, serta meletakkan aneka bumbu di sudut meja. Nah, untuk ukuran meja dapur, idealnya adalah kisaran 50 cm hingga 70 cm.

3 dari 6 halaman

3. Jarak Antara Kabinet Atas dan Meja Dapur

Area kirchen set umumnya akan dilengkapi dengan kabinet di bagian atasnya, Moms. Fungsi dari kabinet ini biasanya adalah untuk menyimpan aneka bumbu masakan dan peralatan dapur. Nah, jarak antara kabinet dan meja dapur paling ideal adalah 50 cm hingga 70 cm. Ukuran kitchen set yang ideal ini akan membuat Moms lebih leluasa saat memasak dan lebih mudah juga untuk mengakses kabinet.

4 dari 6 halaman

4. Lebar Kabinet Atas

Menentukan Ukuran Ideal Kitchen Set © Diadona

Kitchen set yang ideal untuk lebar kabinet atas adalah 35 cm hingga 50 cm. Moms tentunya juga bisa menyesuaikannya dengan kebiasan dalam menyimpan barang. Jika Moms lebih suka menyimpan stock persediaan bahan makanan yang banyak, maka buatlah lebar kaninet sebesar 50 cm agar cukup untuk menampung semua bahan yang dimiliki. Tak kalah pentung untuk diperhatikan, Moms juga semestinya memastikan jika lebar kabinet atas tidak melebihi lebar meja dapur. Hal ini bertujuan supaya kepala terhindar dari benturan di kabinet.

5 dari 6 halaman

5. Ukuran Bak Cuci Piring

Ukuran ideal bak cuci piring adalah sekitar 80 cm hingga 90 cm. Hal ini berlaku baik untuk satu atau juga dua bak ya Moms. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit tempat di dekat bak cucian untuk meniriskan air pada peralatan makan yang baru saja dicuci.

6 dari 6 halaman

6. Luas Dapur

Untuk dapur ukuran kecil, maka kitchen set bisa dibuat memenuhi satu bidang dinding. Jika membutuhkan kitchen set yang lebih besar, Moms bisa mempertimbangakn model kitchen set bentuk huruf L yang memenuhi dua bidang dinding.

Selain itu, untuk dapur yang besar, Moms bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja, ukuran kitchen set cukup dibuat memenuhi 75 persen bidang dinding dan sisanya untuk keperluan lain, seperti untuk meletakkan lemari es, dekorasi, atau meja bar.

Nah, itulah tadi ukuran kitchen set yang paling baik yang dilihat dari beberapa aspek. Semoga informasi ini membantu ya Moms.

Beri Komentar