6 Cara Jitu Bersihkan Kulkas untuk Menghindari Bakteri

Reporter : Hevy Zil Umami
Rabu, 3 Februari 2021 20:12
6 Cara Jitu Bersihkan Kulkas untuk Menghindari Bakteri
Keberadaan kulkas penting dalam rumah tangga.

Kulkas berfungsi untuk menyimpan berbagai macam makanan, bahan makanan mentah, minuman, dan aneka buah-buahan. Membersihkan kulkas dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan kulkas perlu dilakukan agar tetap bersih dan terhindar dari serangan bakteri. Membersihkan kulkas juga untuk mencegah makanan berbau tidak sedap.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kulkas? Simak rangkuman lengkapnya seperti dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini.

1 dari 6 halaman

1. Kosongkan Kulkas

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah mengosongkan isi kulkas. Bunda bisa menyortir semuanya mulai dari makanan hingga makanan yang masih bisa disimpan dan membuang yang tidak perlu atau memeriksa yang mungkin sudah kedaluwarsa.

2 dari 6 halaman

2. Bersihkan Bagian Dalam

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Sebelum membersihkan bagian dalam kulkas, bunda bisa mencabut kabel kulkas terlebih dahulu. Setelah itu, bunda bisa membersihkan bagian dalamnya dengan menyemprotkan cairan pembersih ke seluruh area.

Kemudian, seka perlahan sampai semua noda dan kotoran hilang. Pembersihan ini juga berlaku untuk semua sisi agar tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

Bunda dapat mencuci laci dan rak dan membilasnya sampai bersih. Selain itu, pastikan tidak ada lagi kotoran dan keringkan laci dan rak sebelum memasukkannya kembali ke kulkas.

3 dari 6 halaman

3. Disinfeksi Kulkas

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Desinfeksi kulkas bertujuan untuk menghilangkan bakteri. Bunda bisa menggunakan campuran air dan cuka dan meletakkannya di botol semprot dan mulai menyemprot area tersebut di kulkas.

4 dari 6 halaman

4. Bersihkan Bagian Luar

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Lanjutkan dengan membersihkan bagian luar. Seka seluruh bagian luar kulkas, yang menumpuk debu dan kotoran.

5 dari 6 halaman

5. Seka Kemasan Makanan

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Sebelum memasukkan kemasan makanan ke dalam kulkas, bunda perlu mengelapnya dengan handuk yang dibasahi air panas. Jika proses di atas sudah selesai, bunda bisa kembali menghidupkan kulkas.

6 dari 6 halaman

6. Tata Kemasannya Sesuai dengan Tempatnya

Ilustrasi Kulkas © Diadona

Agar isi kulkas terlihat lebih rapi, bunda bisa menyusun makanan hingga bahannya sesuai dengan tempatnya. Kami menganjurkan agar bunda memisahkan makanan dan minuman sesuai dengan jenisnya.

Misalnya menempatkan daging mentah di freezer, sayur dan buah di laci, botol di rak terpisah, dan meletakkan telur di wadah khusus agar awet. Agar kulkas terlindung dari bakteri, pembersihan kulkas bisa dilakukan secara rutin. Semoga bermanfaat ya bun!

Beri Komentar