6 Cara Praktis Merawat Dan Membersihkan Bunga Artificial, Mudah Banget!

Home-decor | Sabtu, 19 Juni 2021 17:00

Reporter : Yayuk Harini

Nggak ada lagi debu menempel di bunga hiasan.

Bunga artificial (plastik) banyak dipilih karena memberikan visual indah dan praktis. Bunga artificial tidak memerlukan perawatan layaknya bunga segar, seperti penyiraman dan pemupukan, tetapi tetap saja memerlukan pembersihan secara berkala.

Nah, Moms dapat belajar bagaimana cara efektif untuk membersihkan bunga artifisial dengan mengikuti beberapa langkah berikut melansir dari Tokobungahias.com. Simak yuk!

6 Cara Praktis Merawat Dan Membersihkan Bunga Artificial, Mudah Banget!
2 dari 7 halaman

1. Bersihkan debu bunga dengan kemoceng.

Ilustrasi Vas BungaIlustrasi Vas Bunga © 2019 https://www.diadona.id

Ini adalah metode tercepat dan termudah untuk membersihkan tanaman artificial, namun tidak terlalu efektif. Kemoceng tidak akan menghapus setiap debu atau kotoran berat, tapi menggunakannya secara teratur akan membuang debu-debu kecil dan menjaga bunga buatan Moms tetap bersih.

3 dari 7 halaman

2. Semprot bunga dengan udara terkompresi.

Gunakan kaleng kompresi udara di toko peralatan kantor untuk menjaga keyboard komputer bersih. Moms dapat menggunakannya pada bunga buatan untuk menghilangan debu membandel dengan cukup efektif, tapi gunakan dengan hati-hati agar tidak membuat bagian lem bunga terlepas ya.

4 dari 7 halaman

3. Bersihkan bunga dengan semprotan khusus bunga artificial.

Bunga ArtificiaBunga Artificia © JD.id

Semprotan ini dirancang khusus untuk menghilangkan debu tanpa meninggalkan bahan yang menempel. Untuk menggunakannya, semprot seperlunya, bila diperlukan seka bagian yang membandel. Semprotan pembersih sangat efektif, tetapi umumnya dijual dengan harga relatif mahal.

5 dari 7 halaman

4. Kocok bunga artificial dengan garam.

Tempatkan bunga dalam kantong plastik bersama dengan beberapa sendok garam kasar. Kocok plastik selama 1 menit. Butiran garam akan bertindak sebagai abrasive ringan, melonggarkan debu dan kotoran yang menempel. Setelah selesai, keluarkan bunga dari kantong dan bersihkan garam yang tersisa. Moms harus hati-hati, jangan sampai merusak bagian yang halus dengan menggunakan metode ini.

6 dari 7 halaman

5. Semprot bunga dengan campuran cuka dan air.

Bunga ArtificialBunga Artificial © Memeflorist.com

Jika Moms pikir bunga dapat menahan sedikit kelembaban, isi botol semprot dengan air dan cuka suling dengan perbandingan yang sama. Semprot bunga dengan ringan dan biarkan kering dengan sendirinya. Letakkan kain di bawah bunga untuk menyerap air yang menetes.

7 dari 7 halaman

6. Bersihkan bunga buatan dengan sabun dan air.

Ini adalah cara paling efektif untuk membersihkan bunga artifisial, tetapi dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada serat kain atau melonggarkan lem. Caranya, isi wastafel dengan air suhu ruangan dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring. Bilas dengan lembut setiap bunga di dalam air, gosok ringan untuk menghilangkan kotoran membandel. Kemudian segeralah keluarkan bunga dari air dan keringkan dengan handuk bersih.

Untuk hasil lebih baik, Moms dapat melepaskan bagian bunga yang dapat dipisahkan. Hal ini akan memungkinkan bunga lebih mudah untuk dibersihkan. Semoga meginspirasi ya Moms!

Join Diadona.id