6 Jenis Lampu LED Unggulan yang Terbaik untuk Pencahayaan di Rumah

Home-decor | Jumat, 18 Juni 2021 11:49

Reporter : Wicha Mashita

Aneka jenis lampu LED ini siap memberi penerangan unggulan di rumahmu.

Ada beberapa jenis lampu LED yang menjadi pilihan banyak orang untuk memberi penerangan di rumah. Tentu saja, salah satu keunggulan dari lampu ini yang harganya murah dan ongkos listriknya lebih hemat menjadikan LED pilihan.

Kelebihan dari LED menjadikannya primadona karena tidak dimiliki lampu pijar maupun neon. LED atau Light Emitting Diode ini juga menjadi salah satu teknologi tercanggih dalam bidang pencahayaan saat ini. LED sendiri merupakan komponen elektronik yang memancarkan cahaya monoktomatik melalui tegangan maju.

Biar nggak salah pilih berdasarkan fungsinya, ketahui jenis lampu LED unggulan di bawah ini!

6 Jenis Lampu LED Unggulan yang Terbaik untuk Pencahayaan di Rumah
2 dari 6 halaman

Lampu Superflux LED

Contoh Penggunaan Lampu LEDContoh Penggunaan Lampu LED © Pinterest

Pertama, ada jenis lampu LED superflux yang memiliki bentuk berupa persegi panjang. Lampu ini dilengkapi dengan 4 pin atau kaki kecil di setiap sudutnya. Lampu ini digunakan sebagai lampu latar yang bisa kamu jadikan lampu tidur loh!

Buat ukuran lampunya sendiri ada beragam. Mulai dari 3 mm, 5 mm sampai flat lens. Semakin besar ukurannya, cahayanya pun semakin terang. Selain itu, kelebihan lampu ini memiliki warna yang beraneka ragam.

Ada putih, merah, kuning, biru, jingga sampai campuran warna yang bisa menyala secara bergantian. Keunggulan lainnya adalah resistensi termalnya rendah banget loh!

3 dari 6 halaman

Lampu Bicolor LED

Contoh Penggunaan Lampu LEDContoh Penggunaan Lampu LED © Pinterest

Ada juga lampu bicolor LED yang menyuguhkan lebih dari satu warna. Aneka warna tersebut bisa berubah secara bergantian. Kalau lampu ini sih biasanya dijadikan hiasan untuk mainan anak-anak atau juga ruangan. Kamu pasti sering melihatnya saat perayaan natal, Diazens.

Lampu Miniature LED

Kalau jenis lampu LED miniature ini yang cocok buat kamu jadikan hiasan di rumah. Sesuai dengan namanya, lampu ini berukuran paling kecil dibanding jenis yang lain. Harganya juga lebih murah loh! Selain menjadi hiasan, kamu bisa menemukan lampu ini sensor TV, radio modern, aplikasi remote di ponser dan sebagainya.

4 dari 6 halaman

Surface Mount Device LED

Contoh Penggunaan Lampu LEDContoh Penggunaan Lampu LED © amazon

Selanjutnya, ada Surface Mount Device LED atau yang biasa disebut dengan SMD LED. Lampu ini berukuran kecil jadi lebih hemat dalam penggunaannya. Bentuknya unik, seperti mur yang memiliki beberapa titik cahaya di badannya. Kamu bisa meletakannya sebagai lampu sudut ruangan di rumah atau sebagai lampu hias.

Chip On Board LED

Kalau yang ini merupakan perkembangan dari SMD LED tadi Diazens. Lampu ini memiliki ribuan chip yang disusun di sebuah panel listrik. Sehingga sorotan cahayanya lebih merata namun tidak terasa terlalu panas seperti SMD LED.

5 dari 6 halaman

High Power LED

Contoh Penggunaan High Power LEDContoh Penggunaan High Power LED © lightingstyles

Eits, masih ada pilihan jenis lampu LED lainnya yang punya segudang keunggulan loh! High Power LED ini memiliki cahaya yang lebih terang dibanding jenis lainnya. Keunggulannya pun ada banyak. Mulai dari keawetannya yang bisa dipakai sampai 50 ribu jam, cahaya tidak merubah warna, setara dengan 25 lampu pijar, hemat dan nggak perlu daya listrik yang besar.

Selain itu, lampu ini juga terkenal ramah lingkungan karena bisa didaur ulang, Diazens. Namun, kamu perlu memasangnya di area yang teduh atau dingin ya, soalnya lampu ini cepat panas.

6 dari 6 halaman

Oh iya, buat kamu yang tertarik dengan penggunaan jenis lampu LED berwarna-warni, tegangan listriknya berbeda loh! Dimulai dari yang paling besar dulu ya, yaitu warna putih 4 volt, warna biru sebesar 3,6 volt, warna hijau 3,5 volt, warna kuning 2,2 volt, warna merah 1,8 dan yang paling kecil infra merah 1,2 volt.

Itulah beberapa jenis lampu LED yang bisa jadi pilihan penerangan di rumahmu. Selain memberikan asupan cahaya yang cukup, mereka juga nggak bikin kantong jebol.

Join Diadona.id