6 Tanaman Buat di Dalam Rumah yang Ampuh Usir Nyamuk dan Serangga

Reporter : Riza Umami
Kamis, 25 Juni 2020 18:17
6 Tanaman Buat di Dalam Rumah yang Ampuh Usir Nyamuk dan Serangga
Apa aja ya?

Nyamuk dan serangga lainnya bisa cukup mengganggu saat di dalam rumah. Kita pun berusaha menjadi cara untuk mengusir dan membunuh nyamuk seperti dengan menggunakan raket nyamuk, dengan tangan kosong atau juga pakai obat nyamuk.

Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan alami untuk membuat nyamuk dan serangga lain ini tak betah di dalam rumah. Caranya yaitu dengan meletakkan beberapa tanaman di dalam rumah yang baunya tak disukai oleh nyamuk.

Tanaman-tanaman ini juga bisa digunakan untuk dekorasi ruangan. Ruangan akan terlihat lebih sejuk dan asri dengan beberapa tanaman yang cantik ini. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tanaman pengusir nyamuk dan serangga.

1 dari 6 halaman

1. Lavender

Ilustrasi Lavender © Diadona

Bunga ini memiliki bau harum yang tak disukai oleh nyamuk dan bisa membuat serangga-serangga yang lainnya enggan untuk dekat-dekat dengan bunga ini. Beberapa serangga yang tak suka bau Lavender yaitu nyamuk, lalat, kecoak, ngengat dan serangga lainnya.

Di lain sisi, Lavender ini memiliki warna yang cantik dengan warnanya yang ungu sehingga akan sangat cocok digunakan untuk dekorasi ruangan. Selain itu, aroma dari Lavender ini juga bisa membuat lebih rileks.

2 dari 6 halaman

2. Rosemary

Ilustrasi Rosemary © Diadona

Rosemary juga memiliki aroma kuat yang dibenci oleh nyamuk dan beberapa serangga lainnya. Tanaman ini akan cocok digunakan untuk pengusir nyamuk dan bisa juga diletakkan di dalam rumah.

3 dari 6 halaman

3. Geranium

Ilustrasi Geranium © Diadona

Tanaman yang satu ini banyak ditemui di Indonesia. Geranium ini juga biasa disebut dengan tapak dara. Tanaman ini agak berbau seperti lemon yang membuat nyamuk dan serangga lainnya jadi menjauh karena aromanya.

Geranium ini juga akan sangat cocok diletakkan di dalam rumah apalagi tanaman ini memiliki warna-warna yang cerah yang akan sangat cantik digunakan untuk dekorasi ruangan.

4 dari 6 halaman

4. Krisan

Ilustrasi Bunga Krisan © Diadona

Bunga krisan adalah salah satu bunga yang sangat cantik bahkan sering dijadikan untuk karangan bunga. Ternyata bunga yang satu ini juga memiliki aroma yang tak disukai oleh nyamuk, kecoak, semut dan juga serangga yang lainnya.

Bunga yang satu ini memiliki pestisida alami dan bisa memproduksi minyak yang sangat dibenci serangga. Selain itu krisan juga bisa memurnikan udara dalam ruangan tersebut dan bisa menghilangkan racun. Wah, berguna banget kan?

5 dari 6 halaman

5. Basil

Ilustrasi Basil © Diadona

Tanaman yang berikutnya yaitu basil. Tanaman ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya. Selain itu, basil ini bisa diletakkan di dalam rumah dan juga bisa di luar ruangan.

6 dari 6 halaman

6. Peppermint

Ilustrasi Peppermint © Diadona

Peppermint ini memang terkenal dengan baunya yang khas dan kuat. Ternyata aroma ini tak disukai oleh nyamuk dan juga beberapa serangga lainnya sehingga bisa digunakan untuk mengusir serangga tersebut. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk campuran minuman yang bisa menambah kesegarannya.

Nah, itulah beberapa tanaman yang bisa kamu gunakan untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya di dalam rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Beri Komentar