6 Tips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur Agar Tak Menyebar ke Seluruh Rumah

Home-decor | Rabu, 13 Oktober 2021 17:07

Reporter : Yayuk Harini

Moms wajib tahu tips ini, terlebiih jika dapur tak dilengkapi dengan cooker hood.

Kegiatan memasak sering kali menimbulkan asap dan bau tak sedap yang memenuhi ruangan. Tentu saja ini sangat mengganggu penciuman dan merasakan tidak nyaman.

Terlebih jika bau masakan yang di hasilkan tidak begitu sedap dan susuah untuk hilang. Tak menutup kemungkinan jika semua perabot dan pakaian juga akan tertempel oleh bau tak sedap tersebut.

Idealnya, Moms perlu memberikan ventilasi ruangan yang memadai agar membantu mengalirkan bau tak sedap keluar dari ruangan dan terganti dengan hawa segar. Berikut adalah solusi selengkapnya Moms, simak yuk!

6 Tips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur Agar Tak Menyebar ke Seluruh Rumah
2 dari 7 halaman

1. Menggunakan jendela besar

Tips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur AgarTips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur Agar © Whitesugar.cinnamon

Penggunaan jendela di sekitar stove atau sink yang menjadi area penting ketika berkegiatan di dapur adalah pilihan yang cermat. Pencahayaan alami dan udara yang saling bertukar ini dapat menghindari bau tak sedap dan dapur yang anti pengap. Moms juga bisa meletakkan beberapa pengharum ruangan untuk mengurangi bau tak sedap menempel di perabot masak lainnya.

3 dari 7 halaman

2. Ubah layout dapur di dekat taman

Salah satu ide dapur terbuk bisa banget dicoba tanpa harus menggunakan cooker hood untuk menghilangkan bau tak sedap pas memasak. Letakkan dapur di area dekat taman ataupun area terbuka dengan menggunakan pintu sliding kaca. Pastikan untuk memberikan penerangan alami, coba aplikasikan satu atap kaca di atas meja dapur unntuk berkegiatan yang menyenangkan.

4 dari 7 halaman

3. Menggunakan portable air filter

Tips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur AgarTips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur Agar © Which.co.uk/Rachel Christie

Bak tak sedap kala memasak dapat menyebar ke seluruh ruangan, terlebih pada rumah berkonsep minimalis dengan dapur tertutup yang serba terbatas. Moms bisa menggunakan saringan udara portable ataupun portable air filter yang dapat mengusir bau tak sedap ketika memasak. Sehingga, meski ukuran dapur di rumah kecil, namun hawa segar pun tetap di rasakan dan kegiatan masak jauh lebih nyaman.

5 dari 7 halaman

4. Maksimalkan pencahayaan alami pada dapur

Area dapur menjadi salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk berkegiatan. Tak heran jika dapur di desain dengan mengutamakan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk menyiasati bau tak sedap saat memasak, Moms bisa memaksimalkan pencahayaan alami melalui jendela ruang. Aplikasikan jendela di setiap sudut yang mengikuti bentuk dapur. Cara ini sangat ampuh untuk mengusir bau tak sedap di dapur.

6 dari 7 halaman

5. Bedakan ruang dapur agar bau tak menyebar ruangan

Tips Hilangkan Bau Bekas Memasak di DapurTips Hilangkan Bau Bekas Memasak di Dapur © Fihafahome

Pastikan untuk membedakan ruang dapur jika Moms tidak memiliki cooker hood untuk penghisap asap. Moms bisa membuat ruang tersendiri dan memberikan pintu agar bau hanya berada di dapur saja. Tak hanya itu, tetap gunakan ventilasi untuk membantu hawa segar masuk ke dapur tanpa pengap ya Moms.

7 dari 7 halaman

6. Rutin membersihkan perabot setelah di gunakan

Selain karena asap dari masakan yang dapat menimbulkan bau tak sedap, perabot yang Moms gunakan juga bisa membuat ruang kotor dan bau pun akan menempel. Oleh sebab itu, pastikan Moms selalu membersihkan peralatan dapur secara rutin agar kesan bersih di dapur bisa di rasa nyaman.

Gunakan pula interior minimalis dan model kitchen set yang sesuai dengan ukuran agar perabot juga bisa di simpan secara baik tanpa terlihat penuh. Tak lupa, tetap perhatikan sirkulasi segar. Moms bisa menggunaka jendela di sekitar stove untuk membantu atasi bau tak sedap ketika memasak.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk mengurangi, bahkan menghilangkan bau menyengat usai memasak. Semoga membantu ya!

Join Diadona.id