6 Tips Membersihkan Tirai Kamar Mandi, Awet dan Terhindar dari Noda Jamur Moms!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 1 Desember 2021 17:20
6 Tips Membersihkan Tirai Kamar Mandi, Awet dan Terhindar dari Noda Jamur Moms!
Kalau tirai kamar mandi kotor kan jadi gak estetik, mana banyak kumannya lagi...

Kamar mandi kotor tentu bakal bikin risih ya Moms. Termasuk pada tirai kamar mandinya. Yap, kendati jarang kita kotori secara langsung, namun debu dan kotoran lain yang tak nampak jelas bisa saja hinggap pada tirai.

Belum lagi, jika dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan, tirai bisa mengeluarkan bau tak sedap. Jika hal itu terus terjadi, tentu akan membuat tidak nyaman berada di kamar mandi bukan? Berikut adalah beberapa tips membersihkannya Moms. Simak yuk!

1 dari 7 halaman

Sebelumnya, Moms harus paham betul cara mencegah tirai tak cepat kotor. Makadari itu, buatlah ventilasi yang baik agar aliran udara teratur dan kamar mandi tetap kering.

Kondisi yang kering dapat mencegah pertumbuhan jamur. Gunakanlah sampo dan sabun yang hanya menghasilkan sedikit busa. Hal ini penting untuk memperkecil kemungkinan tumbuhnya jamur di kamar mandi.

2 dari 7 halaman

Tips Membersihkan Tirai Kamar Mandi © Diadona

Saat membeli tirai kamar mandi, bacalah panduan produk yang biasanya tertera pada kemasan. Panduan produk tersebut berisi informasi mengenai tirai kamar mandi yang kita beli. Moms bisa menemukan banyak informasi mulai dari kandungan hingga cara mencucinya

3 dari 7 halaman

1. Lepas Tirai Kamar Mandi

Agar tirai bersih, Moms harus mencucinya secara menyeluruh ya. Hal ini tentu akan sulit dilakukan jika tirai masih tergantung. Sebenarnya, bisa saja jika kita hanya menggosok dengan kondisi tirai masih terpasang. Namun, metode tersebut tidak cukup efektif membersihkan tirai dari kotoran dan kuman.

4 dari 7 halaman

2. Cuci Tirai Secara Manual

ips Membersihkan Tirai Kamar Mandi © Diadona

Langkah selanjutnya adalah mencucinya secara lembut. Siramlah tirai menggunakan air panas terlebih dulu. Lalu, taburkan detergen atau sabun cuci cair ke atas permukaan tirai. Gosoklah seluruh permukaan tirai menggukan sikat. Setelah berbusa, siram menggunakan air hangat sampai bersih.

5 dari 7 halaman

3. Taburkan Soda Kue dan Cuka

Jika pada tirai kamar mandi terdapat jamur, Moms bisa mencucinya dengan pembersih alami. Taburkan setengah cangkir soda kue dan cuka putih pada permukaan tirai. Sikat agar soda kue dan cuka putih tersebar ke seluruh permukaan. Jika masih terdapat sisa noda jamur, buatlah pasta yang terbuat dari soda kue dan air. Setelah itu, gosoklah kembali pada bagian jamur yang membandel.

6 dari 7 halaman

4. Sikat Bagian Pengaitnya

ips Membersihkan Tirai Kamar Mandi © Diadona

Perhatikan juga bagian pengait yang berada di ujung tirai ya. Pengait yang terbuat dari besi dapat berkarat jika tidak dibersihkan secara rutin. Untuk membersihkannya, Moms bisa menggosoknya menggunakan sikat gigi bekas.

7 dari 7 halaman

5. Bilas Tirai dengan Air Panas

Setelah tirai bersih, bilaslah menggunakan air panas. Untuk membilasnya, Moms bisa merendam terlebih dulu dalam baskom berisi air panas. Alternatif lainnya, juga bisa langsung menyiram menggunakan air panas.

Jika sudah, Moms tinggal menjemurnya di bawah erik matahari. Pastikanlah tirai terbentang lebar saat dijemur agar lebih cepat kering. Well, semoga membantu ya Moms!

Beri Komentar