6 Tips Merawat Fased Dinding Batu Bata Ekspos, Bikin Ruang Tampil Menawan

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 18 Februari 2021 17:00
6 Tips Merawat Fased Dinding Batu Bata Ekspos, Bikin Ruang Tampil Menawan
Tips merawat dinding batu bata ekspos.

Batu bata ekspos belakangan ini menjadi tren dekorasi lantaran memiliki corak khas yang alami. Tak hanya itu, fased batu bata ekspos banyak jadi pilihan konsep dekorasi lantaran dinilai memiliki budget yang tak menguras kantong.

Hal ini terjadi lantaran dengan mengaplikasikan batu bata ekspos sebagai dinding juag akan mengurtangi biaya pelapisan semen sebagai plamir dan cat. Namun ada beebrapa hal yang mestiunya Mom perhatikan sebelum memilih dnding ini. Melansir dari 99.co pada Kamis (18/2/2021), berikut ini beberapa tips untuk merawat fased dinding batu bata ekspos.

1 dari 6 halaman

1. Gunakan Kuas untuk Merawat Dinding Batu Bata Ekspos

Karena tidak ada lapisan, maka akan menyebabkan tekstur permukaannya sangat kasar dan lebih mudah kotor. Moms harus rutin menyikiat area dinding ini agar terhindar dari debu dan kotoran. pastikan tidak menggunakan sikat lantai biasa, melainkan kuas kecil untuk menyapunya perlahan. Tujuannya, agar permukaan dinding rumah bata ekspos tidak malah rusak ketika dibersihkan.

2 dari 6 halaman

2. Aplikasikan Bahan Coating

Merawat Dinding Batu Bata Ekspos © Diadona

Coating ini akan berfungsi untuk melapisi dinding biar anti air dan kotoran. Tak ahnay it saj , coating juga akan memberikan efek mengkilau pada dinding batu bata ekspos. Jika tak ingin kilauan coating terlalu tampak, cukup aplikasikan dengan tipis 1-2 kali saja.

3 dari 6 halaman

3. Gosok dengan Campuran Air Sari Lemon

Gunakan pula air sari lemon biar lebih efektif mengangkat kotoran pada dinding. Tuangkan sesendok makan air lemon ke dalam ember berisi air, kemudian celupkan kuas ke dalamnya. Lalu mulailah menggosok permukaan dinding dengan sikat tersebut.

4 dari 6 halaman

4. Jangan Memasang Paku

Hati-hati untuk memasang paku di permukaan dinding bata ekspos ya Moms. Jangan memaku di permukaan batu batanya, tapi lakukan di bagian adonan semen yang menyatukan dinding. Hal ini berfungsi agar paku terpasang dengan lebih stabil dan bekasnya tak merusak dinding. Area adonan semen lebih mudah ditambal jika ada bolongan atau kerusakan.

5 dari 6 halaman

5. Jaga Kelembapan Dinding bata Ekspos

Merawat Dinding Batu Bata Ekspos © Diadona

Jika Moms membangun b atu bata ekspos di dalam ruangan, pastikan dinding berhadapan dengan bukaan seperti jendela kaca. Jangan membangun dinding bata ekspos di lokasi yang lembap dengan ventilasi jelek. Ini akan akan membuat struktur dinding mudah lapuk.

6 dari 6 halaman

6. Tambal Celah atau Retakan Pada Dinding

Pastikan untuk selalu rutin memeriksa kondisi permukaan fasad bata ekspos. Jika ada bagian yang retak, maka segera gunakan mortar untuk mengisi celah yang muncul. Jangan abaikan celah yang muncul ya Moms. Hal ini berisiko menimbulkan kerusakan lanjutan yang lebih parah.

Semoga membantu ya Moms!

Beri Komentar