7 Tips Maksimalkan Penyimpanan Pada Gudang yang Penuh, Gak Sesak Lagi deh!

Home-decor | Senin, 18 Oktober 2021 16:59

Reporter : Yayuk Harini

Tak ada lagi barang berserakan.

Gudang seharusnya memang ada di setiap rumah guna menyimpan aneka barang. Tentu, barang yang jarang atau tak terpakai bisa disimpan dengan rapi sehingga tak sesak menempati ruang yang ada.

Namun, sudahkan Moms mengetahui secara pasti apa saja hal yang dilakukan untuk membuat ruang gudang tampak rapi? Berikut adalah beberapa tips selengkapnya mengutp dari Dekoruma.com, Senin (18/10/2021). Simak yuk!

7 Tips Maksimalkan Penyimpanan Pada Gudang yang Penuh, Gak Sesak Lagi deh!
2 dari 8 halaman

1. Atur Barang Pada Gudang Penyimpanan

Bila gudang penyimpanan mulai sesak, mungkin sudah saatnya Moms mengatur kembali barang yang ada di dalamnya. Keluarkan semua barang di gudang dan memilah satu per satu barang yang masih bisa disimpan dan digunakan kembali, serta barang mana yang sudah rusak dan tidak bisa digunakan. Pertimbangkan untuk daur ulang jika memungkinkan.

3 dari 8 halaman

2. Pisah dan Kelompokkan Barang Besar dan Kecil

Ilustrasi Gudang PenyimpananIlustrasi Gudang Penyimpanan © Dekoruma.com

Setelah dipilih, coba kelompokkan barang sesuai ukuran dan fungsinya supaya lebih mudah jika suatu hari Moms perlu barang tersebut. Pastikan untuk menata barang di ruang penyimpanan agar setiap kelompok barang dapat diakses dengan mudah pas sewaktu-waktu diperlukan. Jika gudang Moms tergolong luas, barang besar dapat ditempatkan di satu sisi sementara barang kecil dapat dikelompokkan di sisi yang lain.

4 dari 8 halaman

3. Maksimalkan Penggunaan Lemari dan Rak Penyimpanan

Moms juga bisa memanfaatkan lemari dan rak penyimpanan agar barang tidak tergeletak secara sembarangan di dalam gudang. Selain itu, penggunaan lemari dan rak penyimpanan juga memudahkan akses saat ingin mengambil barang. Lemati dan rak penyiimpanan juga membuat tampilan gudang menjadi lebih rapi dan mudah dibersihkan.

5 dari 8 halaman

4. Manfaatkan Wadah Penyimpanan dengan Label

Ilustrasi Gudang PenyimpananIlustrasi Gudang Penyimpanan © Dekoruma.com

Selain menggunakan lemari dan rak, Moms juga bisa menggunakan wadah penyimpanan untuk barang-barang yang ukurannya relatif kecil. Biar makin teratur, tak ada salahnya jika Moms menaruh wadah penyimpanan sesuai kelompoknya dan tambahkan stiker label berdasarkan fungsi atau jenisnya. Alhasil, Moms dapat menemukan barang tertentu secara cepat tanpa harus membongkar wadah satu per satu.

6 dari 8 halaman

5. Simpan Barang Berdasarkan Volume

Untuk menjaga keawetan barang di ruang penyimpanan, pastikan barang tidak tertindih ya Moms. Terapkanjuga sistem penyimpanan vertikal. Khusus barang berat dan solid, Moms bisa menaruhnya di area bawah dekat lantai. Sementara itu, taruh barang dengan volume ringan pada bagian atasnya supaya mudah diambil dan tidak terancam tertindih.

7 dari 8 halaman

6. Kenali Karakter Barang di Ruang Penyimpanan

Ilustrasi Gudang PenyimpananIlustrasi Gudang Penyimpanan © Dekoruma.com

Sewaktu menyusun barang di ruang penyimpanan, Moms juga harus mengetahui karakter setiap barang supaya tetap terawat dan terhindar dari kerusakan. Moms juga bisa melapisi barang di dalam ruang penyimpanan dengan kain atau plastik sebagai antisipasi agar terhindar dari kerusakan akibat air, debu, hingga serangan binatang.

8 dari 8 halaman

7. Selalu Luangkan Waktu untuk Membersihkan Gudang

Meski Moms jarang mengakses gudang, jangan biarkan ruangan ini kotor dan kumuh ya. Sebaiknya, luangkan waktu untuk membersihkan gudang secara berkala agar keadaan barang di dalam ruang penyimpanan tahan lama.

Well, itulah tadi beberapa tips agar gudang tertaa rapi, selalu bersih, dan mudah diakses kala sedang mencari barang yang dieprlukan. Semoga menginspirasi ya Moms!

Join Diadona.id