7 Tips Persiapan Lebaran di Rumah, Rayakan Idul Fitri dengan Keluarga Inti

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 8 Mei 2021 17:00
7 Tips Persiapan Lebaran di Rumah, Rayakan Idul Fitri dengan Keluarga Inti
Biar quality time bersama keluarga inti kian bermakna, ini persiapan lebaran agar tak menghilangkan esensi Idul Fitri.

Bulan yang penuh berkah telah tiba, walau masih dilanda pandemi kita harus tetap menjaga semangat Ramadan dan menatap ‘hari kemenangan’ di penghujung puasa nanti.

Walau hanya di rumah saja dan dilarang mudik, kita harus siap untuk menyambut lebaran Idul Fitri, bukan? Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat Moms lakukan agar di hari suci ini semuanya bisa berjalan dengan lancar, hangat dan berkualitas bersama keluarga inti.

Ini tips persiapan hari raya Idul Fitri yang bisa Moms lakukan agar Lebaran semakin bermakna.

1 dari 7 halaman

1. Membersihkan Rumah

Jika Moms miliki rencana untuk menerima tamu yang datang ke rumah, pastikan Moms sudah membersihkan hunian agar mereka merasa telah melakukan persiapan lebaran dengan baik dan nyaman berlama-lama dalam ruangan rumah.

Jangan sampai niat baik para tamu yang berkunjung jadi kurang berkesan jika rumahmu berantakan dan kotor, terutama ruang tamu dan ruang keluarga. Jadi, bersih-bersih dalam skala besar sebelum menyambut hari kemenangan sangat penting dan umum dilakukan.

2 dari 7 halaman

2. Mengecat Rumah Bersama

Ilustrasi Mengecat Tembok © Diadona

Tradisi mengecat rumah menjelang Lebaran menjelang Lebaran memang telah berlangsung turun temurun. Rumah yang kelihatan rapi akan mencerminkan kepribadian orang yang tinggal di dalamnya. Selain untuk menghasilkan suasana yang baru, Moms juga bisa ada bonding time bersama keluarga.

3 dari 7 halaman

3. Furniture Baru untuk Lengkapi Suasana

Untuk melengkapi suasana lebaran di rumah, Moms juga bisa mengandalkan furniture baru seperti sofa, meja tamu hingga bufet TV yang bisa menambah keindahan dan kenyamanan di rumah.

Tapi, tetap oke juga kok dengan menggnakan furnitur yang lama. Kembali lagi, buat ruangan nyaman dengan membesihkan setiap sela dan area ya.

4 dari 7 halaman

4. Menghias Kamar Tidur

Ilustrasi Kamar Tidur Istimewa © Diadona

Agar suasana lebaran Idul Fitri makin kental, cobalah untuk menghias kamar tidur. Moms bisa melakukannya dengan menambah beberapa dekorasi yang menonjolkan suasana lebaran, seperti kaligrafi, lukisan hingga lampu-lampu dalam kamar.

5 dari 7 halaman

5. Jaga Quality Time

Persiapan menyambut Lebaran berikutnya adalah dengan merencanakan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan bersama keluarga. hal ini bertujuan agar quality time di hari yang suci ini tetap terjaga. Seperti mengobrol di meja makan saat makan bersama.

6 dari 7 halaman

6. Belanja Bahan Makanan

Tentunya jika akan ada tamu ke rumahmu, Moms pasti akan menyiapkan makanan untuk mereka kan? Maka dari itu belanja bahan makanan untuk memasak merupakan persiapan lebaran yang penting. Jangan sampai ekhabisan makanan di rumah ya.

7 dari 7 halaman

7. Tak Lengkap Tanpa Kue dan THR

Ilustrasi Anak Mendapat Angpao Lebaran © Diadona

Hari Lebaran merupakan hari-hari makin eratnya hubungan antar keluarga. Salah satu tradisi yang selalu dilakukan ketika Lebaran adalah memberi uang tunjangan hari raya (THR) kepada saudara-saudaramu yang lebih muda, terutama jika sudah bekerja. Maka dari itu hitung jumlah uang THR yang harus kamu persiapkan, dan sesuaikan dengan budget-mu sendiri.

Selain uang THR, tentunya kue-kue merupakan salah satu pelengkap di hari Lebaran, terutama jika kamu akan memiliki banyak tamu. Bermacam-macam kue kering seperti nastar, kue putri salju, kue kacang, hingga kastengel merupakan camilan yang wajib ada di rumah.

Bagimana Moms. Sudah siap belum menyambut hari kemenangan?

 

Beri Komentar