8 Cara Menata Sofa di Rumah Minimalis biar Terlihat Makin Instagramable

Home-decor | Kamis, 5 Agustus 2021 17:16

Reporter : Yayuk Harini

Kendati sofa minimalis terlihat biasa saja, namun Moms bisa menatanya agar tampak semakin aesthetic dan tentunya instagramable.

Sofa minimalis dinilai lebih ringkas lantaran tak memenuhi ruangan sempit pada rumah minimalis. Selain itu, harga sofa minimalis umumnya lebih terjangkau dari pada bentukan sofa yang mewah yang umumnya banyak ditawarkan di pasaran.

Kendati sofa minimalis terlihat biasa saja, namun Moms bisa menatanya agar tampak semakin aesthetic dan tentunya instagramable. Menata sofa minimalis mungkin terkesan mudah. Namun jika terlalu kosong maka akan terkesan monoton.

Mengutip dari House Beautiful, berikut beberapa cara yang bisa Moms terapkan untuk menata sofa di rumah minimalis agar terlihat Instagramable. Simak yuk!

8 Cara Menata Sofa di Rumah Minimalis biar Terlihat Makin Instagramable
2 dari 9 halaman

1. Tambahkan selimut tipis

Cara Menata Sofa di Rumah MinimalisCara Menata Sofa di Rumah Minimalis © Blog.spacestock.com

Selimut tipis pada sofa minimalis tidak hanya berguna untuk membuat sofa semakin nyaman kala ditempati. Namun, balutan selimut juga bisa menambahkan semburat warna pada sofa minimalis.

“Tambahkan selimut tips pada bagian atas sofa atau sisi salah satu lengannya untuk menciptakan perasaan nyaman. Ini cara yang bagus untuk membawa tekstur tambahan yang sempurna saat meringkuk pada malam hari,” papar desainer interior Vanessa Arbuthnott.

3 dari 9 halaman

2. Dekorasi bantal

Moms bisa membuat sofa minimalis lebih Instagramable dengan dekorasi bantal yang aesthetic. Berikan tekstur dan kain yang berbeda ya. Jika memilih sarung bantal bermotif maka kelompokkan menjadi satu. Moms juga bisa bermain banyak warna untuk mencerahkan ruangan.

4 dari 9 halaman

3. Letakkan tanaman hias di samping sofa minimalis

Cara Menata Sofa di Rumah MinimalisCara Menata Sofa di Rumah Minimalis © Blog.spacestock.com

Tanaman hias juga berperan dalam memberikan kesan Instagramable. Vanessa menyarankan untuk menambahkan tanaman hias berukuran sedang atau besar di samping sofa untuk keseimbangan ruangan serta memberikan sentuhan alam.

“Coba pilih tanaman hias yang semarak karena bisa membantu menenangkan mata dan memberikan tampilan modern yang seimbang,” saran Vanessa.

5 dari 9 halaman

4. Atur pencahayaan

Fitur pencahayaan juga bisa membuat sofa minimalis terlihat lebih Instagramable. Tambahkan pencahayaan di sisi lain sofa yang membantu meningkatkan penampilan.

Pencahayaan sangat penting di ruang keluarga. Gunakan lampu untuk menciptakan sudut ruangan yang nyaman khususnya di malam hari. Cara yang ideal jika sofa minimalis di letakkan pada sudut ruang.

6 dari 9 halaman

5. Meja samping

Cara Menata Sofa di Rumah MinimalisCara Menata Sofa di Rumah Minimalis © Blog.spacestock.com

Meja kecil di samping sofa minimalis bisa menambah tampilan yang menarik. Meja samping sofa minimalis tidak hanya meningkatkan penampilan tapi juga punya banyak fungsi. Tak hanya itu, meja kecil juga berguna untuk menjaga segala sesuatu yang Moms perlukan hanya dengan jangkauan tangan saat sedang bersantai.

7 dari 9 halaman

6. Karpet

Karpet tentu menjadi cara terbaik untuk menambah tekstur atau pola di ruang keluarga maupun ruang tamu rumah minimalis. Jika memungkinkan, hindari karpet berukuran kecil karena bisa terkesan memaksa Moms. Pilihlah jenis karpet besar yang bisa diselipkan ke bawah sofa. Atau setidaknya karpet menutupi semua area sofa minimalis.

8 dari 9 halaman

7. Manfaatkan footstool

Cara Menata Sofa di Rumah MinimalisCara Menata Sofa di Rumah Minimalis © Blog.spacestock.com

Beberapa sofa minimalis saat ini dilengkapi dengan footstool yang terpisah. Manfaatkan footstool ini untuk membuat sofa dalam rumah minimalis terlihat semakin cantik. Tambahkan juga selimut tipis di atas footstool atau mungkin diberikan fitur penyimpanan.

9 dari 9 halaman

8. Menambahkan hiasan dinding

Menata sofa minimalis agar terlihat lebih Instagramable bisa Moms lakukan dengan menambahkan hiasan dinding di atasnya. Hiasan dinding tersebut bisa berupa karya seni atau foto keluarga.

“Ini bisa menjadi sentuhan yang bagus untuk mengisi beberapa bingkai kayu dengan berbagai warna berani. Sofa sering menjadi bagian investasi ruang tamu sehingga layak untuk dipercantik agar terlihat menarik,” jelas Vanessa.

Bagaimana Moms, sudah terbayang bukan bagaimana cara menghadirkan dan menata sofa minimalis di tumah? Semoga menginspirasi ya. Selamat mencoba.

Join Diadona.id