8 Jenis Tanaman Hias Outdoor Ini Siap Mempercantik Halaman Rumahmu

Home-decor | Senin, 7 Juni 2021 18:03
8 Jenis Tanaman Hias Outdoor Ini Siap Mempercantik Halaman Rumahmu

Reporter : Wicha Mashita

Nggak cuma dalam rumah aja yang cantik, yuk kenalan sama aneka jenis tanaman hias outdoor ini!

Ada beragam jenis tanaman hias outdoor yang siap bikin halaman rumah dan teras makin cantik. Apalagi halaman depan rumah kan jadi first impression dari tamu yang akan berkunjung. Jadi, ciptakan suasana yang lebih segar, indah dan cerah yuk sama tanaman-tanaman ini.

Tentu saja jenisnya ada banyak, mulai dari yang berdaun sampai berbunga warna-warni. Biasanya, tanaman naik daun atau berbunga yang tahan panas dan hujan sebagai pilihan. Hal ini bisa mempermudah proses perawatannya karena diletakkan di luar rumah.

Nah, yuk menjelajah aneka jenis tanaman hias outdoor yang siap kamu pilih!

2 dari 5 halaman

Bambu Hias

Jenis Tanaman Hias OutdoorJenis Tanaman Hias Outdoor © Unsplash/ etvoilaraissa

Alasan menanam tanaman di halaman rumah pasti ingin membuatnya tampak rindang, sejuk dan indah sekaligus. Bambu hias atau yang bisa disebut juga dengan Dracanea sanderiana ini bisa jadi rekomendasi pertama jenis tanaman hias outdoor. Tanaman ini juga dikenal pembawa keberuntungan loh!

Nggak kayak tanaman bambu pada umumnya, ia memiliki batang yang lebih dan lebih pendek. Biasanya, bambu hanya tumbuh maksimal setinggi 3 meter dan berwarna kuning keemasan. Selain jadi hiasan, ia juga bisa sebagai penahan angin loh!

Pohon Cemara

Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya ada pohon cemara yang bisa jadi pilihan tepat. Bentuknya yang unik ini bisa memperindah sudut-sudut halaman rumahmu.

Apalagi, pohon cemara memang cocok ditanam di daerah tropis karena tahan terhadap cuaca panas. Kamu juga bisa memilih aneka jenisnya yang sekitar 70 itu loh! Yap, ukurannya pun ada yang besar maupun kecil.

3 dari 5 halaman

Kaktus

Jenis Tanaman Hias Outdoor KaktusJenis Tanaman Hias Outdoor Kaktus © Unsplash/ topcools

Belakangan ini, tanaman kaktus menjadi primadona banyak orang untuk dijadikan tanaman hias. Tanaman gurun ini memang cocok ditanam di Indonesia yang beriklim tropis. Jenis kaktus pun ada beragam.

Itu kenapa kaktus menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan jenis tanaman hias outdoor. Bentuk, warna dan durinya yang beragam juga menjadikannya daya tarik tersendiri.

Bayam Hias

Kata siapa bayam hanya untuk dijadikan sayur? Bisa juga loh untuk menghias halaman rumahmu. Bayam hias atau yang memiliki nama latin Amaranthus tricolor ini memeliki perpaduan warna merah, kuning dan hijau yang apik.

Warna yang mencolok dari tanaman ini akan menjadikan halaman poin utama saat orang pertama kali melihat. Tanaman ini juga mudah dirawat karena ia bisa terkena panas dan diletakkan di ruang terbuka yang kena sinar matahari langsung.

4 dari 5 halaman

Abromeitiella chlorantha

Jenis Tanaman Hias Outdoor Abromeitiella chloranthaJenis Tanaman Hias Outdoor Abromeitiella chlorantha © ruthbancroftgarden

Buat yang pertama kali melihat pasti mengira lidah buaya nih! Padahal bukan loh! Bentuknya yang unih berduri ini bisa jadi tanaman hias, Diazens.

Ciri khasnya ia berwarna hijau yang dibumbui bercak putih. Duri-duri kecil pun mengelilinginya. Tanaman ini fleksibel dan mudah perawatannya juga.

Bunga Gaillardia

Ingin tanaman yang berbunga indah? Tentu saja ada rekomendasi Bunga Gaillardia sebagai salah satu jenis tanaman hias outdoor yang berwarna cantik. Ia memiliki bentuk dan warna yang menyerupai bunga matahari.

Soalnya bunga ini memang masih golongan keluarga bunga matahari atau Asteraceae atau Compositae. Bunga ini berasal dari Amerika dan juga dikenal dengan nama blanketflower atau firewheel.

5 dari 5 halaman

Bunga Tabebuya

Jenis Tanaman Hias Outdoor TabebuyaJenis Tanaman Hias Outdoor Tabebuya © merdeka

Tahu nggak sih, bunga Tabebuya ini lagi hits banget loh di Surabaya lantara warganya yang banyak menanam ini di sekitar kota. Tanaman ini memiliki warna dan bentuk seperti Sakura, Diazens.

Yap, dia berupa pohon yang memiliki bunga berwarna pink. Namun, tanaman ini asalnya bukan dari Jepang, melainkan Brazil. Selain pink, bunga Tabebuya juga berwarna cerah lainnya, seperti kuning, merah dan putih.

Bunga Kertas (Bougenville)

Sudah jadi rahasia umum bunga kertas atau yang biasa disapa Bougenville menjadi pilihan banyak orang sebagai jenis tanaman hias outdoor. Bahkan tanaman ini bisa kamu jumpai di pinggir jalan.

Seperti namanya, bunga ini menyerupai kertas. Tapi warnanya nggak putih tulang atau burem seperti kertas. Melainkan menyuguhkan warna cantik seperti pink, merah, orange, ungu hingga putih bersih.

Nah, dari beberapa rekomendasi jenis bunga hias outdoor di atas, mana nih yang mau kamu jadikan primadona di rumah?

Join Diadona.id