8 Tips Anti Lelah Membersihkan Rumah di Saat Puasa

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 13 April 2021 14:00
8 Tips Anti Lelah Membersihkan Rumah di Saat Puasa
Biar gak mudah lelah, lakukan tips membersihkan rumah berikut ini Moms!

Membersihkan rumah adalah aktivitas para Moms yang senantiasa rutin dilakukan tiap hari. Namun, akan menjadi pekerjaan rumah yang memberatkan kala harus bersih-bersih di bulan puasa. Hal ini terjadi lantaran sebagaian orang akan merasa mudah lelah saat harus berkutat dengan pekerjaan rumah yang tak ada habisnya.

Namun tenang Moms, berikut ini adalah beberapa tips agar pekerjaan rumah jadi ringan dan kita tak mudah lelah mengerjakannya di bulan puasa. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1 dari 8 halaman

1. Mulai Bersih-Berdih Setelah Sahur

Bersihkan rumah saat puasa bisa dengan mulai membersihkannya setelah sahur. Hal ini dilakukan karena setelah sahur, tenaga masih banyak dan tubuh masih cukup bersemangat menjalani aktivitas yang sedikit berat.

Moms bisa memulainya dari membersihkan pada setiap sudut rumah, misalnya mencuci piring dan alat masak yang kotor, menyapu dan pel lantai, sampai mencuci pakaian.

2 dari 8 halaman

2. Mencuci Piring dengan Baking Soda

Ilustrasi Mencuci Piring © Diadona

Moms menyadari juga gak sih kalau tumpukkan piring yang harus dicuci akan lebih banyak dari biasanya kala di Bulan Ramadan. terlebih membersihkan piring dengan noda minyak dan lemak yang menempel memang sangat menguras tenaga dan waktu.

Nah untuk lebih meringankan pekerjaan mencuci piring bar terhindar dari lemak dan noda membandel, Moms bisa mulai menggunakan baking soda. Baking soda inilah yang nantinya akan membantu memudahkan membersihkan noda minyak membandel pada piring dan membantu menghilangkan bau tak sedap serta ampuh dan cepat.

3 dari 8 halaman

3. Bersihkan Kompor Berminyak dengan Minyak Sayur

Untuk mengatasi masalah kompor berminyak, Moms bisa mulai dengan mencelupkan handuk atau tisu ke dalam minyak sayur. Langkas selanjutnya adalah dengan menggosokkan pada area kompor yang berminyak. Selain minyak sayur, Moms bisa juga menggunakan baking soda atau cuka untuk membersihkannya.

4 dari 8 halaman

4. Hilangkan Noda Karpet dengan Krim Cukur

Tips Memilih Karpet Sesuai dengan Bentuk © Diadona

Tak perlu khawatir lagi untuk berlelah-lelah membersihkan noda di karpet. Pertama Moms bisa mulai menyemprotkan krim cukur pada noda karpet dan biarkan selama 15 sampai 20 menit.

Gunakan pula scrub dan gosok perlahan untuk menghindari kerusakan pada karpet. Moms bisa mulai dengan menggosok bagian tepi luar karpet ke arah tengah agar noda tidak menyebar. Terakhir, oleskan air dan cuka pada karpet. Dengan begitu, aneka noda makanan dan minuman akan hilang dengan mudah.

5 dari 8 halaman

5. Jadwalkan Mencuci Pakaian

Mencuci pakaian di bulan puasa terdengar seperti aktivitas yang sangat melelahkan dan mengras banyak tenaga. Namun tenang saja Moms, solusi agar mencuci pakaian tidak memberatkan adalah dengan menjadwalkan mencuci pakaian secara rutin saat bulan Ramadan.

Sebagai contoh, Moms bisa menentukan waktu 2 hari atau 3 hari sekali. Dan bisa lebih mudah lagi jika menggunakan mesin cuci pakaian otomatis. Jadi, hanya perlu menjemur pakaian saja tanpa perlu membuang banyak tenaga saat Bulan Ramadan tiba.

6 dari 8 halaman

6. Pisahkan Pakaian Sebelum Menyetrika

Biar aktivitas menyetrika saat puasa bisa lebih meringankan, Moms bisa mulai memisahkan pakaian. Misalnya memisahkan pakaian harian yang digunakan saat di rumah dan pakaian yang biasa digunakan untuk kerja, sekolah, ataupun aktivitas lainnya di luar rumah.

Sebaiknya Moms tak usah repot-repot menyetrikanya pakaian yang khusus digunakan di ruamh. Moms hanya cukp segera melipatnya saja untuk menghiindari pakaian rumah tak mudah kusut. Sedangkan untuk pakaian yang biasa dikenakan di luar rumah, ada baiknya menggunakan spray pelicin untuk memudahkan saat menyetrika. Dengan demikian, aktivitas menyetrika saat puasa tidak perlu membuang banyak tenaga.

7 dari 8 halaman

7. Ajak Keluarga

ilustrasi membersihkan rumah © Diadona

Membersihkan rumah saat puasa tentu akan terasa lebih ringan jika dilakukan bersama-sama anggota keluarga lainnya. Jangan sungkan-sungkan untuk embganjak serta suami dan anak ya Moms. Hal ini tentunya dibuat agar tidak sepi dan lebih happy tentunya. Tentu, pekerjaan rumah akan cepat selesai jika dilakukan secara gotong-royong bukan?

8 dari 8 halaman

8. Bersih-Bersih Sambil Dengarkan Musik

Agar mood bersih-bersih jadi lebih baik, Moms juga bisa sembari mendengarkan musik favorit. Jika bersih-bersih dilakukan bersama keluarga maka bisa memutarnya keras-keras. Tetapi jika hanya dilakukan sendiri bisa dengan menggunakan headphone agar tidak mengganggu yang lain. Dengan adanya musik ini, kegiatan bersih-bersih rumah saat puasa menjadi lebih menyenangkan dan tak terasa melelahkan.

Itu tadi beberapa tips membersihkan rumah di bulan puasa agar tak terasa lelah. Semoga membantu ya Moms!

Beri Komentar