8 Tips Dekor Rumah Minimalis yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Usia 40 Tahun

Home-decor | Rabu, 4 Agustus 2021 16:54

Reporter : Yayuk Harini

Moms wajib tahu tips dekor rumah minimalis ini sebelum berusia 40 karena akan membuat hunian semakin nyaman. Lalu, mengapa perlu tahu sebelum usia 40?

Menghadirkan rumah minimalis rupanya tetap menjadi pilihan banyak orang. Meski baru punya rumah minimalis dengan luas yang tidak terlalu besar, namun Diazens tetap merasa nyaman di dalamnya bukan?.

Kenyamanan rumah minimalis tentu dipengaruhi oleh dekorasi di dalamnya. Kini setelah menikah dan memiliki rumah minimalis sendiri, perabotan lebih tertata rapi dan berkonsep.

Kendati demikian, beberapa orang kurang memperhatikan dekorasi rumah minimalis mereka yang ternyata mempengaruhi tingkat kenyamanan penghuninya. Para desainer interior pun punya tips dekorasi rumah minimalis yang ditujukan untuk Mom berusia 30-an.

8 Tips Dekor Rumah Minimalis yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Usia 40 Tahun
2 dari 10 halaman

Moms wajib tahu tips dekor rumah minimalis ini sebelum berusia 40 karena akan membuat hunian semakin nyaman. Lalu, mengapa perlu tahu sebelum usia 40?

Saat berusia 40, Moms tidak lagi memikirkan dekorasi rumah minimalis namun sudah memprioritaskan hal penting lain seperti kebutuhan sekolah anak dan lain sebagainya.

“Usia 30 bisa memicu perubahan kehidupan yang dramatis saat kita mulai mengubah impian menjadi kenyataan, meninggalkan hal-hal buruk, dan nilai jati diri mulai muncul. Kita mulai merasa lebih nyaman dengan diri sendiri dan mulai menginvestasikan waktu, uang, serta energi dengan baik,” jelas desainer interior Candace Rimes seperti dilansir dari Vogue. Yuk simak tips dekor rumah minimalis yang wajib Moms ketahui saat usia 30-an.

3 dari 10 halaman

1. Berikan sentuhan vintage

Pesona Vintage dan Stylish Dinding Batu Bata Ini Bisa Jadi Ide Desain Minimalis, Yakin Gak Mau Coba?Pesona Vintage dan Stylish Dinding Batu Bata Ini Bisa Jadi Ide Desain Minimalis, Yakin Gak Mau Coba? © © MEN

Selalu berikan sentuhan vintage dalam rumah minimalis. Memajang barang antik peninggalan teman atau keluarga merupakan cara bagus untuk memberikan tampilan rumah yang harmonis.

“Memasukkan barang antik yang diwarisi keluarga atau beli di pasar loak merupakan cara bagus untuk memberikan tampilan rumah tak lekang oleh waktu. Mengikuti tren terbaru memang bagus, tetapi vintage itu selamanya,” saran Justina Blakeney.

4 dari 10 halaman

2. Cermin besar

Tambahkan cermin besar dalam rumah minimalis. Cermin besar bisa di letakkan di ruang keluarga atau tamu.

“Ketika memilih cermin, pilihlah yang besar. Tidak seperti karya seni tergantung minat tapi cermin itu memantulkan cahaya, meningkatkan, dan memperluas ruang. Cermin di dinding bisa sama efektifnya dengan jendela. Ketika berbicara soal cermin, semakin besar semakin baik,” papar desainer interior Nick Gagne.

5 dari 10 halaman

3. Karpet yang lebar

Karpet LantaiKarpet Lantai © Shopee.co.id

Saat memilih karpet, disarankan pula buat Moms memilih yang besar dan lebar. Karpet besar bisa memenuhi ruangan, tetapi tetap terlihat bagus. Terkadang karpet kecil bisa menjadi kurang tepat ketika ditempatkan dalam suatu ruangan.

“Jika terlalu minim, maka akan terlihat tidak pas. Kalau besar bisa dipotong, tetapi karpet kecil tak bisa diregangkan,” ujar desainer interior Joe Berkowitz.

6 dari 10 halaman

4. Furniture organik

Selain memilih karpet yang tepat, Moms juga perlu menginvestasikan furnitur dengan bahan organik. Hal tersebut lantaran furnitur yang alami selalu punya nilai seiring berjalannya waktu.

Sebagai contoh, Moms bisa menghadirkan meja makan dari kayu reklamasi, meja kecil dengan bagian atas marmer, dan rak rotan juga bisa menjadi pilihan. Furniture bahan organik umumnya memiliki umur panjang dan bisa digunakan berulang kali.

“Bahan-bahan alami itu hangat dan awet asalkan dirawat,” tambah Justina.

7 dari 10 halaman

5. Selalu simpan barang dalam lemari

Mungkin keinginan memamerkan koleksi perabotan rumah terlihat menarik. Namun faktanya malah membuat kekacauan dalam rumah minimalis.

Untuk itu, sangat disarankan agar Moms selalu menyediakan tempat penyimpanan untuk perabotan rumah. Manfaatkan ruang lemari yang tersedia sebaik mungkin untuk menyimpan barang penting.

Perbanyak storage box dalam rumah. Berinvestasi dengan beberapa keranjang cantik untuk menjaga semua perabotan rapi akan membuat rumah minimalis terasa lebih nyaman sepanjang waktu.

8 dari 10 halaman

6. Memilih warna cat dalam rumah minimalis

Teknik Mengecat DindingTeknik Mengecat Dinding © solteirasnoivascasadas.com

Desainer interior Martyn Lawrence Bullard dari Martyn Lawrence Bullard Design menyarankan terkait mengubah warna cat rumah minimalis dalam satu ruang. Ini bisa tergantung cahaya yang memenuhi ruangan pada waktu berbeda dalam sehari.

9 dari 10 halaman

7. Terdapat sentuhan seni dalam rumah minimalis

Tips lainnya yang tak kalah penting, yakni bisa memberi sedikit sentuhan seni pada rumah minimalis Moms. Seperti yang dikatakan Candace Rimes, seorang desainer interior.

“Tips dekorasi rumah paling berharga yang bisa saya berikan adalah mulai memberikan sentuhan seni sejak dini. Pamerkan karya yang mewakili diri sendiri. Tidak harus mahal, tetapi bisa berinvestasi secara bertahap untuk menanamkan seni dalam rumah,” saran Candace Rimes.

10 dari 10 halaman

8. Penting pengukuran

Sebelum mengubah dekorasi rumah minimalis, pengukuran suatu ruang itu penting. Martyn menyarankan untuk belajar menyeimbangkan ukuran furnitur dalam sebuah ruangan.

Ukuran sofa yang sempurna, ketinggian lemari, hingga bentuk cermin menjadi tips penting. Jangan sampai furnitur yang diletakkan dalam ruangan rumah minimalis terlihat memaksa.

Nah, itulah tadi beberapa tips mendekorasi rumah sebekum Moms berusia 40 tahun. Semoga menginspirasi ya.

Join Diadona.id