Alasan di Balik Pencahayaan Setiap Ruangan Harus Berbeda, Ini lho Penjelasannya!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 4 Agustus 2020 09:37
Alasan di Balik Pencahayaan Setiap Ruangan Harus Berbeda, Ini lho Penjelasannya!
Pencahayaan itu penting lho!

Pencahayaan yang buruk akan memberikan efek kelembaban ruangan yang berujung rusaknya perabotan hingga hadirnya parasit serta bakteri yang mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, pencahayaan harus dirancang sesuai dengan kebutuhan serta aktivitas dalam suatu ruangan. Berikut ini beberapa hal yang telah Diadona rangkum untuk mengetahui perbedaannya Moms.

1 dari 3 halaman

Pencahayaan Merata

Dapur Cantik Desain Shabby Chic © Diadona

Kegiatan memasak akan lebih menyenangkan dengan pencahayaan yang merata di seluruh ruangan. Selain itu, alasan keamanan juga sangat diperhatikan karena penghuni akan selalu menggunakana alat tajam seperti pisau, parut, dan benda lainnya untuk aktivitas memasak. Jadi, penerangan yang cukup dan merata akan lebih membantu untuk berhati-hati dalam menggunakan peralatan.

2 dari 3 halaman

Pencahayaan Tepat di Atas

ilustrasi kamar mandi © Diadona

Tentu berbeda, ruang kamar mandi membutuhkan lampu penerangan yang dipasang tepat di atas ruangan. untuk mempercantik, Moms juga bisa menyalakan lampu tambahan di sekitar cermin yang ada di kamar mandi.

Sementara itu, ruang keluarga yang lebih sering digunakan untuk berkumpul tentu harus memiliki kriteria khusus. Seperti pada dapur, pencahayaann di ruang keluarga juga harus merata ya Moms.

3 dari 3 halaman

Aktivitas di Ruangan

Ilustrasi Ruang Tamu © Diadona

Hal ini terjadi lantaran umumnya, ruang keluarga akan memiliki space lebih luas dari ruang lainnya. Tak hanay itu saja, ruang keluarga juga diguankan untuk banyak aktivitas bersama seperti menonton TV, belajar bersama, dan bersantai.

Sebuah penelitian pun juga mendukung hal ini. Melansir dari Huffington Post, bahwa siswa yang belajar di ruangan dengan lampu Light Emitting-Diode (LED), lampu dengan pencahayaan terang serupa keadaan siang hari, mendapat nilai tes yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar di ruangan dengan cahaya yang lebih redup.

 

Beri Komentar