Berapa sih Ukuran Ideal untuk Membuat Kamar Mandi?

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 30 November 2020 09:30
Berapa sih Ukuran Ideal untuk Membuat Kamar Mandi?
Gak bisa asal, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menciptakan kamar mandi ideal.

Kamar mandi merupakan sebuah ruangan khusus yang selalu dan wajib ada dalam hunian. Tak jarang, saking krusialnya ruangan ini membuat para penghuni selalu menyediakan kamar mandi yang nyaman dan aman. Kendati demikian, masih banyak yang bingung mengenai ukumar mandi yang baiknya diterapkan. Melansir dari kliknclean.com pada Minggu (29/11/2020), berikut ini beberapa pertimbangan untuk menentukan ukuran ideal ruang kamar mandi.

 

1 dari 6 halaman

Bagaimana Kamar Mandi Akan Digunakan?

Perlu diperhatikan tentang kegatan apa saja yang akan dilakukan di kamar mandi, mungkin saja Moms memerlukan tempat untuk duduk dan merias wajah. Bisa juga kamar mandi sengaja didesain untuk menyediakan tempat khusus mencuci. Kegiatan apa yang bisa dilakukan di ruang bersama dan ruangan mana yang membutuhkan area pribadi. Apakah MOms lebih suka kamar mandi bersatu dengan ruangan atau terpisah, serta ingin kamar mandi yang terdapat bak untuk menampung lebih dari satu orang ataukah tidak, Hal-hal sepele seperti itu perlu dipertimbangkan.

2 dari 6 halaman

Siapa yang Akan Menggunakan Kamar Mandi?

ilustrasi kamar mandi © Diadona

Ada beebrapa hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membuat kamar mandi. Seperti halnya dengan keberadaan penghuni yang mungkin merupakan orang dewasa yang berebut kamar mandi saat jam sibuk di pagi hari, jumlah kamar mandi terbatas di rumah, anak-anak yang membutuhkan tambahan kamar mandi utama, serta hadirnya hewan peliharaan yang juga akan menggunakan di bak mandi, serta bagaiamna nantinya kamar mandi akan digunakan.

3 dari 6 halaman

Barang Apa yang Dibutuhkan di Kamar Mandi?

Barang apa saja yang perlu disimpan di kamar mandi, dan di mana mereka harus ditempatkan untuk akses mudah? Jawaban atas segala pertanyaan ini dapat menjelaskan seberapa banyak ruang lantai terbuka yang diperlukan untuk navigasi di sekitar ruangan.

Ketika menyusun denah lantai yang sempurna, jangan meremehkan pentingnya penyimpanan dikamar mandi. Bahkan dalam bak mandi mungil Moms dapat juga menemukan solusi penyimpanan lebih dari sekadar lemari rias biasa dengan menambahkan toilet surround, over-door shelving, atau lemari obat yang tersembunyi.

4 dari 6 halaman

Ukuran Kamar Mandi © Diadona

Pada umumnya, dimensi kamar mandi penuh (kombinasi bathtub / shower dengan toilet dan wastafel) 5 kaki x 8 kaki (1,5 mx 2,4 m). Hal ini didasarkan pada ukuran minimum ruangan. Oleh seba itu, jika Moms ingin kamar mandi yang lebih besar, bagian 5 kaki dari kamar mandi ini akan sedikit berubah.

5 dari 6 halaman

Pertimbangkan Area Dinding

Berapa pun ukuran kamar mandi Moms, perlu diingat bahwa semakin banyak dinding yang mengandung pipa ledeng, maka akan semakin tinggi label harganya. Jika Moms membangun kamar mandi baru dan banyak anggaran yang kurang atau bermasalah, batasi penggunaan pipa ke satu dinding saja.

Jika Moms sedang melakukan make over atau renovasi, bisa bengt mencoba untuk menahan pipa di dinding yang lain di mana dapat menghindari pengubahan saluran air dan saluran listrik. Dalam semua kasus, ingat bahwa garis atap yang bervariasi, dinding lengkung, dan fitur peningkat karakter lainnya akan menaikkan harga total kamar mandi.

6 dari 6 halaman

Gunakan Trik Three-quarter Bath (tidak ada bak mandi)

Kamar Mandi © Diadona

Hanya dengan satu wastafel dan pancuran, pilihan ini sebuah adalah rencana yang pas untuk membuat kamar mandi. Semua saluran pipa di dinding dapat menghemat biaya tenaga kerja dan penggunaan listrik maupun air yang digunakan.

Dimensi kamar mandi setengah (toilet dan sudut wastafel, pintu saku) 5ft x 3ft (1.5m x 0.9m). Minimum yang biasanya dipakai adalah 5ft x 2.5ft (1.5m x 0.76m). Jika Moms ingin menambahkan barang lain, Moms banget bisa mengakalinya dengan menyimpannya dibawah wastafel untuk menghemat tempat. Semoga informasi ini membantu ya Moms.

 

Beri Komentar