Bikin Suasana Rumah Gak Suram Lagi dengan Adaptasi ala Gaya Penerangan Masa Kini!

Reporter : Yayuk Harini
Sabtu, 5 September 2020 10:12
Bikin Suasana Rumah Gak Suram Lagi dengan Adaptasi ala Gaya Penerangan Masa Kini!
Apasih pentingnya pencahayaan itu?

Umunya, penerangan pada rumah dilakukan dengan menggantung satu unit lampu di tengah-tengah ruangan. Berbeda, untuk Moms yang memiliki selera seni tinggi juga bisa berkreasi dengan menggunakan berbagai macam gaya pencahayaan di rumah.

Pencahayaan sendiri adalah sebagai penerangan rumah atau bangunan kita agar kita dapat merasakan kenyamanan dalam beraktivitas baik di dalam maupun diluar ruangan.

1 dari 5 halaman

Ketahui Macam-Macam Pencahayaan

1. Pencahayaan Umum

Pencahayaan yang bertujuan untuk menerangi area secara keseluruhan. Lampu untuk penerangan umum ini tidak memiliki cahaya yang fokus, cahaya bersinar ke segala arah dari sumbernya tanpa ada halangan.

2. Pencahayaan Langsung

Pencahayaan langsung adalah pencahayaan yang bertujuan hanya menerangi obyek atau area tertentu. Lampu untuk pencahayaan terarah ini memiliki sinar cahaya yang lebih fokus.

2 dari 5 halaman

Uplight

Penerangan Model Uplight © Diadona

Gambar di atas adalah contoh wallwasher untuk rumah hunian dengan metode " uplight" . Fungsinya untuk memperjelas design pada bagian luar rumah. Uplight sendiri adalah arah cahaya yang datang dari bawah ke atas, dimana posisi lampu dihadapkan keatas.

Efek cahaya yang ditimbulkan akan memberikan kesan megah dan memunculkan dimensi. Jenis pencahayaan ini lebih banyak digunakan untk penentangan dekoratif.

3 dari 5 halaman

Downlight

Penerangan Model Downlight © Diadona

Downlight adalah jenis pencahayaan dengan arah pencahayaan yang datang dari atas dan menyinari objek di bawahnya.  Berfungsi sebagai pencahayaan secara merata. Cahaya berasal dari lampu yang ditanam pada langit-langit ruangan dengan lampu yang menjorok keluar, masuk ke dalam, menempel pada tembok, atau berupa lampu gantung.

4 dari 5 halaman

Lampu dengan arah downlight dapat menumbuhkan suasana yang berbeda apabila difungsikan sebagai pencahayaan setempat dan dekoratif. Salah satu contoh yang banyak dipakai adalah wall washer, yakni mengarahkan cahaya ke dinding sehingga tekstur dan warna dinding muncul dan lebih berdimensi.

5 dari 5 halaman

Directional atau Frontlight

Penerangan Model Directional © Diadona

Gaya pencahayaan seperti ini memiliki fungsi khusus untuk memperjelas lukisan yang digantung pada rumah. Arah cahayanya datang dari depan objek, teknik pencahayaan seperti ini lebih dianjurkan untuk diaplikasikan pada dinding ruangan karena cahaya yang tersebar sama rata. Hal ini akan membuat foto atau lukisan terlihat apa adanya.

Beri Komentar