Cara Membuat Lampion Sederhana dari Kertas Minyak, Karton dan Origami yang Mudah dan Cantik Banget!

Home-decor | Sabtu, 19 September 2020 16:12
Cara Membuat Lampion Sederhana dari Kertas Minyak, Karton dan Origami yang Mudah dan Cantik Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati

Kalau kamu takut kesulitan, tenang aja, kali ini Diadona bakalan share cara membuat lampion sederhana yang no ribet kok.

Cara membuat lampion sederhana bisa dilakukan dengan mudah nan murah. Lampion biasa digunakan untuk dekorasi pada perayaan atau acara tertentu. Bentuk dan warnanya beragam, membuat suasana jadi lebih meriah dan menyenangkan.

Membayangkannya sih mungkin sedikit ribet, tapi kalau kamu mengikuti semua tahapannya dengan benar, maka lampion bisa jadi hiasan yang menarik.

Lampion bisa dibuat dari berbagai macam bahan, biasanya kertas minyak atau kertas lainnya. Perhatikan penggunaan bahan apabila lampion ini akan kamu berikan lampu ya!

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Lampion Sederhana dari Kertas Minyak

Salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam cara membuat lampion adalah kertas minyak. Kamu bisa mendapatkannya dalam berbagai warna dengan harga yang murah meriah.

Berikut beberapa inspirasinya

 Cara Membuat Lampion SederhanaCara Membuat Lampion Sederhana © 2020 thejoysharing.com/


Bahan

  • Sendok kayu es krim
  • Lem
  • Pensil
  • Lilin

 Cara Membuat Lampion SederhanaCara Membuat Lampion Sederhana © 2020 thejoysharing.com/

Cara membuat lampion dari kertas

Yang harus kamu lakukan pertama dalam cara membuat lapion sederhana ini adalah menyusun sendok es krim sampai berbentuk kotak lalu rekatkan dengan lem. Untuk satu buah lampion, kamu membutuhkan empat buah persegi.

Kotong empat lembar kertas lampion sesuai dengan ukuran persegi yang dibentuk oleh keempat sendok

Kamu bisa menghias salah satu atau beberapa sisi pada kertas tersebut sesuai dengan yang kamu mau. Salah satu contohnya ada pada gambar

Rekatkan setiap lembar kertas pada kotak di sendok kayu

Rekatkan sisi-sisinya menggunakan lem biasa, atau kalau ingin lebih cepat dan kuat, kamu bisa menggunakan lem tembak.

Hiasi sesuai dengan keinginan kamu. Bila cara membuat lampion sederhana dari kertas ini sudah selesai, kamu bisa meletakkan sebuah lilin di tengah lampion sebagai dekorasi. Gimana, unik dan gampang banget kan?

3 dari 5 halaman

Ingin lampion yang digantung dan menambahkan lampu? oh tenang aja, Diadona kasih juga nih cara membuat lampion sederhana berikut:

 Cara Membuat Lampion SederhanaCara Membuat Lampion Sederhana © 2020 Youtube.com/Crafting Hours

Bahan

  • Lem
  • Lem tembak
  • Kertas yang dipotong membentuk lingkaran dengan diatere 15 sentimeter. lipat menjadi dua bagian.
  • Kertas memanjang berukuran 26 x 15 sentimeter

Cara membuat lampion sederhana

Buat garis lem memanjang di sisi lebar kertas, rekatkan bagian tengah kertas yang berbentuk lingkaran. Buat lagi garis lem, lalu rekatkan kertas lingkaran . Lakukan sampai habis.

Pertemukan ujung kedua kertas memanjang tersebut menjadi sebuah tabung

 Cara Membuat Lampion SederhanaCara Membuat Lampion Sederhana © 2020 Youtube.com/Crafting Hours

Biar lebih jelasnya, cara membuat lampion sederhana bisa kamu lakukan dengan mengikuti arahan dalam video berikut ini.

 

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Lampion Sederhana dari Kertas Karton

 Cara Membuat Lampion SederhanaCara Membuat Lampion Sederhana © 2020 Youtube.com/AS World

Cara membuat lampion sederhana berikut nggak kalah mudha dnegan hasil yang juga sangat cantik. Nggak perlu bolak balik menempelkan kertas karena yang butuhkan cuman menggunting kertas lalu menempelkan di kedua sisinya.

Bahan

  • Kertas ukuran 29 x 21 cm
  • Kertas ukuran 29 x 15 cm
  • Pensil dan pengaris
  • Lem
  • Pisau atau gunting kertas

Kamu bisa melihat lebih jelas setiap langkah dari cara membuat lampion sederhana dari video berikut ini:

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Lampion dari Kertas Origami

 Cara Membuat Lampion SederhanaCara Membuat Lampion Sederhana © 2020 www.weddingomania.com

Sebenernya cara membuat lampion sederhana bisa dari kertas apa aja yang penting sesuai dengan bentuk yang diinginkan, tak terkecuali kertas origami. Meski berukuran tak selebar kertas lainnya, namun origami menawarkan pilihan warna yang menatik banget.

Karena ukuran kertas origami yang kecil, tentu kau hanya bisa membuat lampion berukuran kecil kan? Nah, lampion-lampion ini bisa kamu pasangkan kan pada tumblr lamp yang saat ini sedang ngehits itu. Gimana, ide yang menarik kan?

Bahan yang kamu butuhkan tentu adalah

  • Kertas origame
  • Tumblr lamp

Cara membuat lampion dari kertas origami ini sama dengan membuat kubus. Biar lebih jelas, kamu bisa mengikuti video tutorial di bawah ini:

 

Gimana? udah dapat inspirasi cara membuat lampion sederhana, belum?

Join Diadona.id