Gak Ribet, Ini Tips Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah

Home-decor | Kamis, 25 November 2021 17:06

Reporter : Yayuk Harini

Gak pake ribet deh Moms!

Memiliki kolam renang di rumah memang mengasyikkan. Tak hanya lebih nyaman untuk berolahraga renang, adanya kolam renang pribadi dapat mempercantik hunian. Namun, Moms juga perlu memerhatikan perawatannya yang kebanyakan orang tahuu itu super ribe dan makan waktu.

Air kolam renang membutuhkan perawatan teratur supaya kadar airnya tetap seimbang. Hal ini bertujuan agar Moms dan penghuni rumah lainnya tidak mengalami iritasi mata dan kulit kala berenang. Ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan agar air tetap jernih.

Gak Ribet, Ini Tips Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah
2 dari 7 halaman

Kolam renang yang tak terurus memiliki banyak risiko menjadi sarang penyakit. Hal ini lantaran nyamuk tertarik dengan genangan air sehingga menjadikannya tempat berkembang biak.

Daripada menggunakan jasa tukang pembersih kolam renang yang mengeluarkan biaya lebih banyak, ada berbagai cara merawat kolam renang pribadi yang bisa Moms lakukan sendiri. Berikut adalah ulasan lengkapnya mengutip dari Rumah.com, simak yuk Moms!

3 dari 7 halaman

1. Perhatikan kondisi air

Tips Merawat Kolam RenangTips Merawat Kolam Renang © Thespruce.com

Air kolam renang membutuhkan perawatan teratur agar kadarnya tetap seimbang. Hal ini bertujuan agar kita tidak mengalami iritasi mata dan kulit saat berenang. Ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan agar air tetap jernih.

4 dari 7 halaman

Misalnya, klorin yang berfungsi mengikat kotoran agar air kolam tetap bersih. Klorin sebaiknya dimasukkan ke dalam kolam saat sore atau malam karena panasnya sinar matahari bisa menurunkan kadar klorin.

Bahan kimia lain yang bisa dipakai adalah cyanuric acid, yang berfungsi menyeimbangkan pH dalam air agar klorin berfungsi maksimal menjernihkan air. pH air yang direkomendasikan adalah antara 7,2-7,8. Bisa juga algaecide yang mencegah timbulnya lumut di kolam renang.

5 dari 7 halaman

2. Pel lantai sekitar kolam

Tips Merawat Kolam RenangTips Merawat Kolam Renang © Thespruce.com

Gunanya untuk mencegah bakteri serta mencegah lumut yang akan membuat lantai menjadi licin. Lantai sekitar kolam yang licin berisiko menyebabkan kecelakaan bagi yang melintasinya. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang bisa menghilangkan kerak.

6 dari 7 halaman

3. Bersihkan air dari daun

Lakukan hal ini dengan menggunakan jaring halus untuk mengangkat kotoran berupa daun kering dan kotoran lain yang memicu pertumbuhan bakteri di dalam air.

7 dari 7 halaman

4. Gunakan penyaring air

Alat ini akan menjaga air kolam tetap bersih dan jernih. Biasanya alat ini berupa penghisap bawah air yang bisa menghilangkan lumut atau kotoran yang mengendap di dasar kolam.

Well, semoga membantu ya Mo

Join Diadona.id