Gak Ribet kok, Pakai saja Barang Dapur Ini untuk Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat!

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 3 Agustus 2020 08:42
Gak Ribet kok, Pakai saja Barang Dapur Ini untuk Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat!
Gak ada lagi bete saat mandi karena air menggenang ya Moms!

Tersumbatnya pipa paralon dari saluran air tentu sangat mengganggu. Hal ini bisa terjadi saat mandi, mencuci piring, atau saat menggosok gigi pada wastafel. Tersumbatnya saluran ini membuat pembuangan air kotor juga terhambat. Akibatnya, air akan menggenang di wastafel atau lantai kamar mandi.

Jika tidak segera diatasi, akan membawa dampak buruk lainnya lho Moms. Pipa paralon yang tersumbat ini bisa disebabkan beberapa hal misalnya sampah makanan, endapan sabun, endapan lumpur, serta kotoran.

Gak perlu bingung, untuk mengatasinya Moms bisa menggunakan berbagai bahan yang ada di dapur kok. Tentu mudah dan efisien. Berikut Diadona ulas 5 cara mengatasi pipa paralon yang tersumbat dengan bahan seadanya di dapur. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Gulungan Plastik dan Tali

Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat © Diadona

Pertama, aliri pipa paralon dengan air dan diamkan selama beberapa menit. Buatlah gulungan plastik dari kantong plastik dengan ukuran yang telah disesuaikan dengan pipa paralon.

Ikat gulungan tersebut menggunakan tali. Lalu, masukkan gulungan ke dalam pipa hingga mencapai ujung pipa. Tariklah gulungan plastik tersebut.

Ketika gulungan plastik ditarik, kotoran yang menempel pada pipa juga akan ikut tertarik ke atas. Gunakanlah tali yang kuat agar tidak putus saat ditarik ke atas ya Moms.

2 dari 5 halaman

Soda Api

Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat © Diadona

Soda api sangatlah efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel pada pipa paralon. Soda api memiliki kandungan kimia yang dapat menghancurkan kotoran yang menyumbat pipa paralon.

Sebelum menggunakan soda api, siapkanlah air panas untuk memicu reaksi soda api. Moms juga harus menggunakan sarung tangan dan masker wajah untuk menghindari efek buruk dari penggunakan soda api berupa kulit yang akan melepuh ketika terkena soda api.

Setelah siap, tuangkan soda api pada pipa paralon. Tuanglah air panas ke dalam pipa tersebut secara perlahan.

Saat melakukan proses ini, hentikanlah penggunakan wastafel selama lima sampai enam jam. Hal ini dimaksudkan agar soda api bekerja secara maksimal membersihkan kotoran yang menyumbat pipa. Setelah enam jam, siramlah pipa menggunakan air yang mengalir.

3 dari 5 halaman

Pasir Kasar

Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat © Diadona

Moms juga bisa menggunakan pasir untuk membersihkan pipa paralon yang tersumbat. Pertama, aliri pipa paralon dengan air. Kemudian tuangkan dua genggam pasir ke dalam pipa tersebut.

Setelah itu, masukkan selang kompresor dan tutup lubangnya. Setel kompresor dengan tekanan tinggi. Terakhir, buka kembali aliran udara pipa paralon agar kotoran terangkat dari pipa tersebut.

4 dari 5 halaman

Baking Soda dan Cuka

Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat © Diadona

Pertama, campurkan air panas dengan baking soda secukupnya dalam wadah. Tuangkan satu sendok baking soda dan air panas yang telah dicampur baking soda tersebut ke dalam pipa.

Tutuplah ujung pipa menggunakan karet penutup atau alternatif penutup lainnya. Diamkanlah beberapa menit agar baking soda bekerja secara baik.

Buka karet penutup lalu masukkan cairan cuka dan campuran air panas dengan baking soda secukupnya ke dalam pipa. Jika bunyi buih dalam pipa menghilang, tuangkan air panas untuk membilas seluruh bagian pipa.

Moms bisa menggunakan cara ini secara rutin dua bulan sekali. Jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena kandungan cuka dan baking soda dapat merusak pipa.

5 dari 5 halaman

Minuman Bersoda

Mengatasi Pipa Paralon yang Tersumbat © Diadona

Air minum bersoda juga bisa digunakan untuk mengatasi pipa paralon yang tersumbat Moms. Tuangkan dua liter minuman bersoda ke dalam pipa. Biarkanlah selama dua jam, lalu bilaslah pipa menggunakan air biasa. Soda tersebut dipercaya dapat membersihkan kotoran dalam pipa.

Nah, itulah beberapa cara mudah yang efektif untuk mengatasi pipa paralon di rumah yang tersumbat. Sekarang gak perlu lagi khawatir air menggenang dan mengganggu aktifitas. Semoga berhasil!

Beri Komentar