Hangout Karaokean Mulu Bikin Kantong Kering, Buat Saja Ruang Bernyanyi Keluarga di Rumah!

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 8 September 2020 09:00
Hangout Karaokean Mulu Bikin Kantong Kering, Buat Saja Ruang Bernyanyi Keluarga di Rumah!
Karaokean di rumah? Kenapa tidak.

Melakukan rutinitas serta hal menyenangkan bersama teman dan keluarga adalah salah satu yang ditunggu-tunggu. Setelah seminggu penuh disibukkan dengan berbagai rutinitas kerjaan atau sekolah, maka waktu yang pas adalah kongkow bareng walau hanya sekedar ke kafe atau berkunjung tempat karaokean.

Namun, kalau terus-terusan jajan diluar juga bikin kantong kering dong? Apalagi kalau kita lagi posisi mencoba hidup hemat. Nah, daripada bingung Moms bisa kok membuat ruang karaoke sederhana di rumah. Berikut beberapa hal yang perlu disiapkan.

1 dari 5 halaman

Buat Ruangan yang Nyaman

Ruang Karaoke Keluarga © Diadona

Saat membuat ruang karaoke di rumah, sebaiknya menciptakan ruangan senyaman mungkin. Pilihlah warna cat tembok yang tidak terlalu gelap dan memasang pendingin udara atau air conditioner (AC). Moms juga bisa melengkapi ruang karaoke dengan stabding fan atau air purifier agar ruangan terasa lebih segar dan tidak lembap.

2 dari 5 halaman

Ruangan yang Menarik

Ruang Karaoke Keluarga © Diadona

Lengkapi ruangan dengan dekorasi dan desain yang menarik. Moms bisa menaruh beberapa lukisan, foto atau hiasan dinding lainnya pada dinding ruang karaoke.

Tak hanya itu saja, Moms juga bisa memasang lampu neon berwarna pada sudut ruangan agar nuansa karaoke jadi lebih terasa seru. Letakkan juga dua atau tiga sofa beserta meja di dalam ruangan.

3 dari 5 halaman

Ruangan Kedap Suara

Supaya bisa bebas berkaraoke tanpa khawatir mengganggu ketentraman tetangga, Moms bisa membuat ruang kedap suara. Banyak material yang bisa digunakan, salah satunya ialah melapisi dinding dengan cat lem perekat ekstrem dan karpet.

Gunakan karet ban dalam sebagai lapisan ujung pintu, tujuannya supaya suara tidak keluar melalui celahnya. Opsi lainnya adalah menggunakan jenis bahan peredam suara seperti Rockwool dan Greenwool yang banyak digunakan sebagai peredam dari alat pengeras suara.

4 dari 5 halaman

Ruangan dengan Peralatan Karaoke

Ruang Musik dan Karaoke © Diadona

Tentu untuk membuat ruangan karaoke di rumah harus melengkapinya dengan peralatan karaoke. Ada cara-cara yang lebih sederhana saat melakukan karaoke di rumah. Salah satunya menggunakan aplikasi di perangkat handphone atau laptop untuk menyusun lagu secara online dengan atau offline.

Selain itu, Moms juga perlu menghadirkan sebuah mikrofon, laptop, speaker (sound system) dan proyektor mini. Proyektor mini dan laptop bekerja sebagai pengganti TV untuk dijadikan layar lebar di dinding.

5 dari 5 halaman

Makanan dan Minuman

Ilustrasi Snack Sehat © Diadona

Karaokean juga perlu tenaga lho. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan aneka makanan dan camilan ringan ya Moms.

Sajikan dalam stoples di atas meja, sehingga terlihat lebih rapi dan bersih. Hindari memilih makanan atau minuman yang membuat tenggorokan terasa kering seperti keripik pedas dan minuman bersoda.

Bagaimana Moms, sudah terbayang kan bagaiman menciptakan ruang karaoke sendiri di rumah. Pastinya lebih murah dan tentu tetap bisa seru-seruan bareg keluarga dan teman. Selamat mencoba.

Beri Komentar