Jadi Elemen Penting Rumah, Berapa sih Ukuran Ideal Jendela Minimalis Moms?

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 25 Januari 2021 12:00
Jadi Elemen Penting Rumah, Berapa sih Ukuran Ideal Jendela Minimalis Moms?
Beda ruangan, beda pula ukuran jendelanya!

Jendela menjadi salah satu elemen rumah yang penting dan wajib ada. Hal ini tentu berkaitan dengan fungsinya untuk pergantian udara dalam ruangan. Pada umumnya, setiap orang membutuhkan sekitar 20-50 m3 udara bersih.

Oleh sebab itu, Moms perlu memerhatikan bukaan jendela serta mengetahui ukuran jendela ideal yang pas di setiap ruangan. Setiap ruang memiliki fungsi serta ukuranh yang berbeda. Tentu, ada ukuran yang ideal untuk setiap ruangan di rumah karena jendela memiliki berbagai fungsi. Melansir dari Rumah123.com pada Senin (25/1/2021), berikut ini beberapa ukuran jendela rumah yang harus Moms ketahui.

1 dari 6 halaman

1. Jendela Ruang Tamu

Jendela pada area ini setidaknya harus memiliki ukuran yang lebih besar daripada jendela yang lain. Hal ini terjadi lantaran jendela ini berada di area paling depan rumah maka ukuran jendela rumah minimalis memang harus besar agar akses sinar matahari dan udara bisa dengan leluasa masuk ke dalam rumah. Ukuran jendela minimalis di ruangan ini sebaiknya sekitar 80 cm x 100 cm. Tentu, ukurannya bisa disesuaikan dengan luas ruang tamu, ya Moms.

2 dari 6 halaman

2. Kusen Jendela

Ukuran Ideal Jendela © Diadona

Moms harus menyisakan ruang untuk bagian kanan kiri dan atas bawah dari jendela sebagai kusen. Ukuran idealnya adalah sekitar 6 cm untuk kusen, jadi hitung saja setiap sisi untuk dikurangi 12 cm untuk ukuran kusen. Dalam menentukan ukuran jendela rumah minimalis yang ideal, Moms tidak boleh melupakan ukuran kusen pintu dan jendela minimalis, ya.

3 dari 6 halaman

3. Ukuran Kaca Jendela

Ada yang memilih kaca sebagai bagian dari jendela, meski ada juga yang tidak, namun biasanya sih memilih kaca ya Moms. Untuk menentukan ukuran kaca jendela, tentunya menyesuaikan dengan ukuran jendela, tetapi pilih jendela dengan ketebalan minimal 5 mm.

4 dari 6 halaman

4. Jendela Kamar Tidur

Saat Moms tidur atau bangun pagi, Moms tidak bisa merasakan udara segar lantaran tidak ada jendela. Duh, tentu sangat gak enak banget ya Moms.

Nah, ukuran jendela minimalis kamar tidur yang ideal adalah 40 cm x 90 cm atau 50 cm x 100 cm, atau disesuaikan dengan ukuran kamar. Namun, Moms juga bisa menentukan ukuran jendela kamar tidur minimalis dengan melihat ukuran kamar.

5 dari 6 halaman

5. Jendela Dapur

Ukuran Ideal Jendela © Diadona

Walaupun Moms telah memiliki cooker hood untuk menghisap bau masakan, namun dapur tetap membutuhkan jendela yang berfungsi untuk mengalirkan udara segar dari luar ke dalam rumah dan juga mengeluarkan udara dari dalam rumah. Ukuran jendela minimalis di dapur yang ideal adalah 50 cm x 70 cm, namun kamu bisa menyesuaikan dengan luas dinding yang ada.

6 dari 6 halaman

6. Jendela Kamar Mandi

Umumnya, kamar mandi menjadi ruangan yang tidak memiliki jendela di rumah lantaran masalah privasi. Padahal ruangan ini lembap karena terkena air setiap saat sehingga seperlunya memerlukan jendela.

Kendati demikian, Moms juga bisa memasang jendela kecil di bagian atas kamar mandi dengan ukuran jendela minimalis 40 cm x 50 cm.

Nah, sudah tahu dong berapa ukuran ideal jendela minimalis sehingga tidak perlu ragu lagi dalam menentukan yang tepat. Semoga membantu ya Moms.

Beri Komentar